Penuhi Kebutuhan JPS, 1 Ton Gula Semut Produksi KTH Dikirim ke Bonebol

Penuhi Kebutuhan JPS, 1 Ton Gula Semut Produksi KTH Dikirim ke Bonebol

08/08/2020 19:20 0 By Alex

Sebanyak 1 Ton lagi gula semut produksi KTH Huyula dari Desa Dulamayo Selatan dikirim ke Bone Bolango untuk melengkapi penyaluran Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Hulondalo.id – Sedikitnya 1 ton gula semut produksi Kelompok Tani Hutan (KTH) Huyula, Desa Dulamayo Selatan, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo dikirim ke Kabupaten Bone Bolango untuk memenuhi kebutuhan Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Pengiriman produk gula semut ini merupakan pemintaan Dinas Sosial Kabupaten Bone Bolango untuk tahap yang kedua.

Sebelumnya pada Mei 2020 lalu, produk yang sama juga telah dikirim oleh KPH VI Gorontalo sebanyak 1,2 Ton. Pun Sampai dengan bulan Juli tahun ini, produksi gula semut KTH Huyula sudah mencapai 4,5 Ton.

KTH Huyula, merupakan kelompok binaan KPH VI Gorontalo yang sejak awal memiliki produk unggulan gula semut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo, Fayzal Lamakaraka menjelaskan, produk gula semut merupakan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang sudah memenuhi standar uji kualitas.

“Gula semut ini sudah dipasarkan sampai ke mancanegara dan telah memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Negara Bukan Pajak dalam bentuk Setoran Provisi Sumber Daya Hutan (PSDH) dan pajak,” kata Fayzal Lamakaraka, Jumat (7/8/2020).

Fayzal menambahkan, meskipun di masa pandemi Covid-19 ini pihaknya meminta KTH Huyula untuk tetap aktif dalam memproduksi gula semut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan melalui pendampingan dari KPH VI Gorontalo.(adv/alex)