Penumpang Kapal Gorontalo Tak Bisa Masuk Tarakan, Wajib Miliki Hasil Swab Tes

Penumpang Kapal Gorontalo Tak Bisa Masuk Tarakan, Wajib Miliki Hasil Swab Tes

08/07/2020 21:04 0 By Maman

Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik.

Hulondalo.id (Gorontalo Utara) – Penumpang kapal asal Gorontalo tak bisa masuk ke Tarakan Kalimantan Utara, jika tak memiliki hasil swab tes. Mereka diketahui tertahan di Pelabuhan Kwandang sejak beberapa hari lalu.

Petugas Fasilitas Pelabuhan dan Ketertiban Pelabuhan Kwandang, Syarifudin Ibrahim mengatakan, untuk sementara para penumpang diminta kembali ke rumah masing-masing, sambil menunggu perkembangan berikutnya.

Ditanya apakah benar penumpang diminta mengikuti swab tes dulu, Syarifudin mengakui hal itu. Ada surat edaran kata dia, yang diterbitkan Walikota Tarakan. Di Pelabuhan Kwandang kata Syarifudin, para penumpang diwajibkan untuk mengikuti rapid tes. Masa berlakunya maksimal 14 hari.

“Apabila dalam 14 hari sudah ada perkembangan dari Pelabuhan Tarakan, hasil rapid tes itu masih bisa digunakan,” ungkapnya.

Semoga kata Syarifudin, sebelum 14 hari sudah ada perkembangan. Mungkin saja dalam sepekan ini ada perubahan dari Kota Tarakan, agar penumpang bisa segera berangkat.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Gorontalo Utara Hamzah Sidik meminta Pemkab Gorontalo Utara melakukan komunikasi terkait hal itu dengan Pemkot Tarakan.

“Itu berat, daerah ini belum menyediakan swab, kalau yang diminta rapid tes, Gorontalo Utara siap, karena gratis, kalau swab biayanya mungkin mahal,” ungkap Hamzah saat di temui di ruang kerjanya, Rabu (8/7/2020).

Gugus Tugas Nasional kata Hamzah, sebelumnya juga sudah menyampaikan, syarat keluar masuk orang itu hanya berupa rapid tes, tidak perlu swab tes.

“Swab tes ini mahal buat rakyat,” sambungnya.

Hamzah berharap, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bisa melakukan komunikasi terkait hal itu.

Salah satu media komunikasi yang bisa dilakukan kata Hamzah, melalui Asosiasi Pemerintah Kabupaten. (Prin/Adv)