Penyelenggaraan Kesehatan Kerja & Olahraga, Baiknya Dilaksanakan Berjenjang

Penyelenggaraan Kesehatan Kerja & Olahraga, Baiknya Dilaksanakan Berjenjang

17/03/2020 22:55 0 By Syakir

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja Dan Olahraga Dikes Provinsi Gorontalo Sabri Panigoro pada kegiatan Orientasi Kesehatan Kerja dan Olahraga Angkatan I, Senin (16/03/2020) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Hulondalo.id- Program Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota diminta untuk melakukan upaya kesehatan kerja dan olahraga yang bersifat promotif dan preventif, tanpa harus mengabaikan aspek kuratif dan rehabilatif.

Hal ini diungkapkan, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja Dan Olahraga Sabri Panigoro saat membuka Orientasi Kesehatan Kerja dan Olahraga Angkatan I, Senin (16/03/2020) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Sabri menjelaskan, Penyelenggaraan kesehatan kerja dan olahraga dilaksanakan secara berjenjang oleh pemerintah pusat sampai pemerintah daerah di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, sampai pada pelaksanaan di tempat kerja.

Tidak hanya itu, juga melibatkan peran lintas program, lintas sektor, swasta (dunia usaha) serta peran aktif seluruh masyarakat melalui pemberdayaan, ujar Sabri.

Menurutnya, upaya kesehatan kerja dan olahraga saat ini belum maksimal, untuk itu diperlukan berbagai upaya diantaranya peningkatan kapasitas tenaga kesehatan. Terutama, pengelola program di puskesmas dan dinas kesehatan kabupaten dan kota, tambah Sabri.

“Saat ini orientasi tersebut lebih di fokuskan pada penggunaan aplikasi baru yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yaitu Sistem Terpadu Kesehatan Kerja dan Olahraga,” ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan aplikasi ini sistem pelaporan dapat berjalan dengan baik karena berjenjang dari Puskesmas, tutup Sabri. (rinto)