Peran Pendamping PKH di Gorontalo Utara Lebih Dimaksimalkan

Peran Pendamping PKH di Gorontalo Utara Lebih Dimaksimalkan

17/03/2021 20:39 0 By Maman

Sosialisasi Pendamping PKH Gorontalo Utara

Asisten I Setda Gorontalo Utara, Thamrin Jusuf membuka Rakor Teknis PKH Gorontalo Utara. (foto:hms)

Hulondalo.id – Peran pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Gorontalo Utara, diminta Asisten 1, Thamrin Jusuf agar lebih dimaksimalkan. Hingga kini, penerima PKH di Gorontalo Utara mencapai 6800 lebih.

Informasi yang diperolehnya kata Thamrin, muncul semacam kecemburun dari penerima bantuan lain, terhadap mereka yang terakomodir dalam program PKH. Disisi lain kata dia, mereka yang terakomodir dalam program PKH ini antara lain harus terdiri dari beberapa komponen seperti, ibu hamil, balita, siswa SD, SMP dan SMA.

“Jika diantara komponen itu masih ada, artinya KPM atau Keluarga Penerima Manfaat itu belum bisa dieliminasi, ini yang menimbulkan kecemburuan dari penerima bantuan lain,” kata Thamrin usai membuka Rakor Teknis PKH lintas sektor Gorontalo Utara, Tahun 2021 di Pantai Minanga, Atinggola, Senin (15/3/2021).

Instrumen komponen tersebut kata Thamrin, penting untuk disosialisasikan secara menyeluruh oleh para pendamping PKH, pada publik. Pendamping PKH kata Thamrin lagi, dapat membangun komitmen dan evaluasi terhadap pelaksanaan PKH satu tahun kemarin, serta menyusun inovasi atau kegiatan di tahun 2021.

Peran dua OPD masing-masing, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan juga diminta Thamrin lebih maksimal. Dinas Pendidikan kata dia, sebagai pendamping PKH agar sering turun ke sekolah meliput administrasi seperti daftar hadir siswa, memastikan keaktifan siswa selama di bangku sekolah.

“Begitu juga Dinas Kesehatan, lebih maksimal dalam pelaksanaan posyandu, pastikan ibu hamil yang terakomodir dalam PKH, sering datang ke posyandu, termasuk balita untuk mencegah stunting dan giji buruk,” ungkapnya. (Prin/Adv)