Peran Penting Kesbangpol Jaga Stabilitas Politik dan Keamanan Daerah

Peran Penting Kesbangpol Jaga Stabilitas Politik dan Keamanan Daerah

09/01/2020 21:24 0 By Syakir

Rakor Kesbangpol di Gedung F Kemendagri, Jakarta, Kamis (09/01/2020).

Hulondalo.id – Peran Kesbangpol menurut Mendagri Tito Karnavian sangat penting dalam upaya menjaga stabilitas keamanan, demi kenyamanan investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Hal itu diutarakannya dalam Rakor Kesbangpol di Gedung F Kemendagri, Jakarta, Kamis (09/01/2020), yang dihadiri juga perwakilan Kesbangpol Provinsi Gorontalo, Kabid Fasilitasi Pembinaan politik, Dedy paliyama.

Dalam rakor itu, Tito Karnavian meminta Kesbangpol memperbanyak dialog baik dengan stakeholder tingkat Provinsi bahkan kepala daerah hingga tingkat kabupaten/kota. Bahkan kalau perlu sampai di level desa.

Ini perlu untuk menghindari adanya ego sektoral yang berpotensi bertentangan dengan kebijakan pemerintah pusat yang menginginkan masuknya investasi ke daerah sebanyak mungkin.

“Jaga betul situasi politik dan keamanan. politik terganggu pasti keamanan terdampak, kerena politik melibatkan massa, jadi politik dan keamanan harus kita jaga supaya tetap landai terus. Peran dari Kesbangpol menjadi sangat penting di bidang ini, bersama-sama dengan TNI/Polri dan lain-lain, kemudian selesaikan agar tidak menjadi pecah dan menjadi konflik massal,” ujar Tito seperti dalam rilis resmi Kemendagri.

Bagi mantan Kapolri itu, kerawanan biasanya timbul bila ada kontestasi politik, salah satunya pilkada serentak. Inilah yang perlu diantisipasi, khususnya Kesbangpol yang daerahnya termasuk dalam daerah yang menggelar pilkada tahun ini. Dan sebisa mungkin hindari perpecahan apalagi sampai timbul korban jiwa.

Ia juga meminta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk responsif terhadap potensi konflik dengan melakukan sejumlah aksi strategis untuk melakukan pencegahan.

“Forkopimda agar aktif dalam penanggulangan konflik sosial, jangan hanya aktif, responsif, tapi juga melakukan langkah-langkah proaktif dan pencegahan,” kata Mendagri.

Pertumbuhan ekonomi melalui dukungan investasi harus diwujudkan dengan stabilitas politik dan keamanan. Tak hanya soal ekonomi, stabilitas politik dan keamanan juga amat diperlukan dalam mendukung Program Prioritas Pembangunan Nasional. (adv)