Percepat Perbaikan Tanggul, Pemkot Kawal hingga ke Kementerian PUPR

Percepat Perbaikan Tanggul, Pemkot Kawal hingga ke Kementerian PUPR

26/07/2020 23:29 0 By Jeffry

Hulondalo.id – Pemerintah Kota Gorontalo terus menyeriusi persoalan banjir yang kerap melanda rumah warga akibat luapan air sungai Bone. Tidak hanya melakukan penanganan darurat akan tetapi penanganan tersebut dengan mempercepat perbaikan tanggul yang jebol yang membatasi pemukiman warga di bantaran sungai.

Hal ini dikatakan Wakil Walikota Gorontalo Ryan Kono usai melakukan pemantauan di sejumlah titik lokasi yang terdampak, Sabtu (25/7/2020).

“Sejak Juni lalu, Banjir akibat luapan air sungai Bone ini sudah 3 kali menerjang warga Kota Gorontalo. Dan penanganan darurat terus dilakukan. Hari ini 7 titik yang kita kunjungi termasuk tempat pengungsian dengan memberikan makanan siap saji dan air mineral bagi warga untuk membantu kebutuhan mereka,” kata Ryan F Kono didampingi sejumlah OPD terkait.

Dikatakan Ryan, banjir yang melanda Kota Gorontalo tersebut akibat intensitas curah hujan yang sulit diprediksi beberapa bulan belakangan ini.

Kondisi ini juga diperparah dengan jebolnya tanggul di bantaran sungai Bone yang berdampak pada warga yang bermukim di sekitar bantaran sungai di Kelurahan Tamalate, Padebuolo dan Bugis.

“Makanya untuk perbaikan tanggul itu kita kawal terus untuk dipercepat. Alhamdulillah telah direspon oleh pihak kementerian PUPR. Insha Allah tinggal menunggu action pekerjaannya” jelasnya.

Ryan menyebut, sesuai rencana Walikota Gorontalo Marten Taha akan menghadiri pertemuan dengan jajaran dirjen SDA, untuk menindak lanjuti usulan terkait perbaikan tanggul tersebut, Senin besok (27/7/2020).

“Kita doakan bersama semoga bencana ini segera berakhir. Terima kasih kepada TNI/Polri, Tagana, Organisasi kemasyarakatan serta semua pihak yang telah membantu Pemerintah menangani banjir di kota Gorontalo,” pungkas Ryan.(Jeff/Adv)