Percepat Tracing, Pemda Kabupaten Gorontalo Miliki Mobil PCR Covid-19

Percepat Tracing, Pemda Kabupaten Gorontalo Miliki Mobil PCR Covid-19

02/07/2021 13:38 0 By Maman

Mobil PCR Swab Kab Gorontalo

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat meninjau mobil yang memiliki layanan PCR Swab. (foto:kominfo)

Hulondalo.id – Untuk mempercepat tracing virus Covid-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo kini memiliki mobil dengan layanan Polymerase Chain Reaction (PCR). Dengan begitu, masyarakat tak perlu lagi mendatangi rumah sakit.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, mobil tersebut memiliki alat laboratorium yang  akan melayani masyarakat Kabupaten Gorontalo secara mobile, mempercepat tracing virus Covid-19.

“Mobil ini akan stand by dipusat layanan 119, kapanpun dibutuhkan, mobil ini akan segera datang untuk melayani masyarakat,” ujar Nelson saat meninjau mobil PCR Covid-19, Jumat (02/07/2021).

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir menjelaskan, mobil tersebut didalamnya berisi pemeriksaan PCR. Mobil ini juga bisa melayani swab antigen serta vaksinasi.

Dia juga menjelaskan, satu-satunya tempat pemeriksaan PCR di Provinsi Gorontalo yakni, di BPOM. Biasanya itu membutuhkan waktu yang lama.

“Dengan adanya mobil ini, masyarakat tak perlu lagi datang ke RS atau BPOM untuk melakukan PCR, hasilnya dengan cepat dapat kita ketahui, nantinya, akan ada jadwal pelaksanaan pelayanan ke setiap kecamatan di Kabupaten Gorontalo,” jelas Roni.

Jika ada yang hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19, Roni mengatakan, maka akan dilakukan isolasi mandiri.

“Intinya, keberadaan mobil ini untuk melakukan testing dan tracing lebih maksimal, mobil ini juga dapat melayani sekitar 400 orang perminggu, untuk pelayanan kami telah menyiapkan SDM, yang juga tim medis,” tutur Roni.

“Mereka saat ini mengikuti pelatihan selama tiga hari, sementara pengoperasian mobil ini akan dilakukan pada tanggal 5 Juli 2021, seluruh pengawas Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo akan menjadi orang pertama untuk menjalani swab di mobil PCR ini,” pungkas Roni. (Pin/Adv)