Perda Bahasa Daerah Provinsi Gorontalo akan Direvisi

Perda Bahasa Daerah Provinsi Gorontalo akan Direvisi

29/03/2021 18:38 0 By Maman

La Ode Haimudin

Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, La Ode Haimudin.

Hulondalo.id – Revisi akan dilakukan terhadap Perda tentang Bahasa Daerah Provinsi Gorontalo. Ini dilakukan dalam upaya melestarikan bahasa daerah di Provinsi Gorontalo.

Anggota DPRD Provinsi Gorontalo La Ode Haimudin mengatakan, masukan dari masyarakat juga sudah ada untuk perubahan regulasi tersebut. Kerjasama dan sinkronisasi kata dia, juga akan dilakukan dengan kantor bahasa yang merupakan UPT. Kementerian.

“Ini perlu kita lakukan,” kata La Ode, Senin(29/3/2021).

La Ode juga menjelaskan, penggunaan bahasa Indonesia memang penting diruang-ruang tertentu. Termasuk juga bahasa daerah yang konon kata La Ode, tak di kuasai lagi.

“Kita memiliki 4 bahasa yakni, bahasa Gorontalo yang umum, bahasa Suwawa, bahasa Atinggola dan bahasa Bolango,” kata La Ode.

Penggunaan bahasa Suwawa, Bolango dan Atinggola ini sudah mulai menurun ditingkatan masyarakat, khususnya di wilayah tersebut. Sebab, generasi sekarang tidak lagi membiasakan dalam penggunaannya.

“Padahal ini salah satu kekayaan budaya untuk melestarikan kearifan lokal,” imbuhnya.

Soal tenaga pendidik, La Ode mengatakan, bahasa daerah masih kurang. Beda kata dia dengan di Jawa yang perguruan tingginya bahkan, menyiapkan program studi Bahasa Daerah.

“UNG juga masih ragu dalam membuka jurusan bahasa daerah, ini tantangan kita,” harap La Ode. (MG01/Adv)