Perda Zakat di Kota Bandung, Warsito: Rp 2 Miliar/Bulan

Perda Zakat di Kota Bandung, Warsito: Rp 2 Miliar/Bulan

08/06/2021 11:29 0 By Maman

Pansus Perda Zakat di DPRD Kota Bandung

Pansus Perda Zakat DPRD Provinsi Gorontalo saat berkunjung ke Kota Bandung. (foto:hms)

Hulondalo.id – Setiap bulan, zakat yang disumbang oleh ASN di Pemkot Bandung mencapai Rp 2 miliar. Di Provinsi Gorontalo, regulasi yang mengatur hal yang sama, kini sementara dibahas oleh Pansus yang dibentuk DPRD Provinsi Gorontalo.

Ketua Pansus Perda Zakat, Warsito Sumawiyono mengatakan, studi komparasi dilakukan di DPRD Kota Bandug untuk mengetahui lebih jauh terkait pengelolaan zakat di daerah tersebut.

Warsito juga mengatakan, ada beberapa poin yang didiskusikan, pertama, Pansus memilih Kota Bandung sebagai destinasi studi komparasi karena Kota Bandung sudah memiliki Perda tentang pengelolaan zakat, infaq dan sedekah sejak tahun 2002.

“Di Gorontalo sementara kita gagas penyusunan peraturan daerah tentang zakat ini, untuk itu ada beberapa hal yang perlu diketahui,” ungkapnya.

Pendapatan zakat yang berasal dari ASN dilingkungan Kota Bandung setiap bulannya mencapai Rp 2 miliar.

“Sejak ada kebijakan pemberian tunjangan bagi ASN Kota Bandung, maka semangat dan kesadaran ASN untuk membayar zakat telah tumbuh, terlebih lagi zakat tersebut sudah langsung dipotong melalui pembayaran tunjangan kinerja,” jelas Warsito.

Politisi Golkar ini menambahkan, saat ini objek pemotongan zakat ASN Kota Bandung, masih terbatas pada tunjangan kinerja. Gaji bulanan tidak dikenakan pemotongan zakat.

Karena, tunjangan yang diberikan kepada ASN cukup besar. Untuk staf saja kata Warsito, besaran tunjangan kinerja yang diperoleh berkisar Rp 5 juta hingga Rp 7 juta. (Inkri/Adv)