Peringatan Hari Lansia, dr. Rosina: Ayo Siapkan Lansia Gorontalo yang Sehat dan Mandiri

Peringatan Hari Lansia, dr. Rosina: Ayo Siapkan Lansia Gorontalo yang Sehat dan Mandiri

29/05/2021 12:49 0 By Syakir

dr. Reyke Uloli dan dr. Rosina saat memberikan himbauan kepada lanjut usia di Gebyar vaksinasi bagi lansia di Puskesmas Molinggapoto Kabupaten Gorontalo Utara. (Foto.Inkri)

Hulondalo.id – Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Rosina Kiu mengatakan, gebyar vaksinasi bagi lansia di hari lansia nasional ke-25, untuk menyiapkan lansia di Gorontalo yang sehat dan mandiri.

“Dimana, data terakhir 74,3% lansia di Provinsi Gorontalo tergolong sehat dan mandiri. Semoga ini lebih bertambah, dan usia harapan hidup bisa naik di tahun-tahun kedepan,” ungkap dr. Rosina saat Gebyar vaksinasi bagi lansia di Gorontalo Utara, Sabtu (29/5/2021).

Kata dr. Rosina, di gebyar vaksinasi ini, pak Bupati Indra Yasin sudah melakukan screening, namun beliau ada penyakit komorbid untuk bisa ditunda dalam beberapa saat nanti.

Khususnya di Gorontalo Utara, kita akan menjaring dan mengintegrasikan sedini mungkin penyakit menular yang diderita, agar tidak jatuh pada kasus yang berat.

Ia melanjutkan, di usia harapan hidup makin naik, dan melakukan pengecekan kesehatan masing-masing lansia yang pembunuh saat ini yakni stroke, serangan jantun dengan pelaksanaan posyandu lansia dan pos binaan terpandu (posbindu) untuk mencegah penyakit ini.

“Dengan demikian usia harapan hidup bisa bertambah kedepannya, dan lansia sehat dan tidak terpapar virus covid-19 ini,” singkatnya. (Inkri/Adv)