Permasalahan yang Dihadapi Desa Adalah Kemiskinan dan Kesehatan

Permasalahan yang Dihadapi Desa Adalah Kemiskinan dan Kesehatan

12/06/2021 14:42 0 By Syakir

Menteri Desa PDTT, Dr. (HC) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd

Hulondalo.id – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Dr. (HC) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd,. Mengatakan permasalahan desa saat ini yang dihadapi adalah kemiskinan dan kesehatan.

2 masalah tersebut belum tertangani secara signifikan utamanya dalam pemanfaatan dana Desa.

“Alhamdulillah, mulai saat ini kita sudah melakukan penataan konsep serta menterjemahkan konsep didalam SDGs Desa ada yakni 18 poin yang harus dituntaskan,” ungkapnya, Sabtu (12/6/2021).

Abdul Halim Iskandar menjelaskan, kita membangun desa, jangan sekali-kali keluar dari akar budaya. Itu SDGs Desa diawali dengan Desa tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, desa sehat sejahtera, keterlibatan perempuan Desa, sampai pada kelembagaan desa yang dinamis dan budaya desa yang adaptif.

“Kedepan perencanaan pembangunan di tahun 2022. InsyaAllah sudah menempati desa sebagai Subjek Pembangunan. Sebab, mereka akan menyampaikan sudah menyelesaikan kemiskinan, kedepan kemiskinan di desa itu sendiri harus hilang,” jelhilang

Kata Gus Menteri, Teluk Tomini dan Maluku Utara menjadi salah satu untuk melakukan percepatan dan lebih fokus lagi. Mengapa UNG menjadi mitra kita sebab akan berkolaborasi nanti dalam percepatan pembangunan di Desa dengan bekerja dengan Pemerintah Daerah di wilayah Teluk Tomini dan Maluku Utara.

“InsyaAllah dengan SDGs Desa ini, peta permasalahan ditiap-tiap desa di Indonesia akan dilihat secara jelas. Tentu, dengan akumulasi tertinggi, Indonesia terlihat jelas peta kondisi bangsanya. Karena Desa adalah Indonesia, Indonesia adalah Desa,” tandasnya. (Inkri/Adv)