Perpanjangan Akreditasi Prodi Manajemen, FEB Siap Hadapi Pemantauan Tahap Dua

Perpanjangan Akreditasi Prodi Manajemen, FEB Siap Hadapi Pemantauan Tahap Dua

23/11/2021 21:01 0 By Maman

Lokakarya Pemaparan Dokumen IPEPA PS S1 Manajemen dihadapan Ketua YBMG dan unsur pimpinan secara daring, Selasa (23/11/2021).

Hulondalo.id- Program Studi (Prodi) Manajemen, Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Universitas Bina Mandiri (UBM) Gorontalo, saat ini tengah bersiap menjalani rangkaian kegiatan perpanjangan akreditasi.

Lolosnya Prodi Manajemen pada tahap satu, mewajibkan prodi untuk bersiap menghadapi pemantauan tahap kedua.

Dekan FEB, Imam Mashudi S.Pd, M.Pd pun optimis dengan segala persiapan tim, bisa melewati pamantauan tahap 2.

“Insya Allah dengan semangat para tim, kami optimis bisa melewati pemantauan tahap 2 ini,” ungkapnya usai pelaksanaan lokakarya guna memaparkan Dokumen Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) Prodi S1 Manajemen dihadapan Ketua YBMG beserta unsur pimpinan.

Seperti yang diketahui, akreditasi Prodi Manajemen berakhir pada tanggal 27 Desember 2021.

IPEPA sendiri merupakan instrumen yang digunakan untuk memantau dan mengevaluasi peringkat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi. Pemantauan yang dilakukan oleh BAN PT terdiri dari 3 Tahap Pemantauan.

Pemantauan Tahap 1 dilaksanakan dengan mekanisme pemantauan data melalui PDDIKTI. Pemantauan Tahap 2 dilaksanakan dengan mekanisme penyusunan Dokumen IPEPA oleh Perguruan Tinggi, dan/atau Program Studi yang mendapatkan status pemantauan tahap 2 oleh BAN PT.

Pemantauan Tahap 3 dilaksanakan dengan mekanisme visitasi lapangan, untuk memverifikasi secara langsung terhadap PT dan Program Studi yang mendapatkan status pemantauan tahap 3.

“Jadi kalau tahap 2 ini kita lolos, maka tim tidak akan melakukan visitasi,” pungkas Imam yang juga kandidat doktor pendidikan itu. (ais/rls)