Perpustakaan Amanah Desa Tabongo Barat Ini Masuk 6 Besar Terbaik Nasional

Perpustakaan Amanah Desa Tabongo Barat Ini Masuk 6 Besar Terbaik Nasional

30/09/2020 10:42 0 By Alex

Suasana pemaparan secara virtual kepada dewan juri lomba perpustakaan Nasional, Selasa (29/9/2020).

Hulondalo.id – Sejumlah dewan juri lomba perpustakaan Nasional tertarik untuk melihat langsung keberadaan Perpustakaan Amanah di Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, Selasa (29/9/2020).

Mereka tertarik setelah mendapat penjelasan dari pengelola perpustakaan desa ini, termasuk peran dan kontribusinya untuk masyarakat setempat.

Ketertarikan ini disampaikan oleh Ketua Dewan Juri Syamsul Bahri dan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Gorontalo yang telah membina perpustakaan desa ini hingga menjadi salah satu finalis.

“Walaupun melalui pertemuan virtual, kami sebetulnya ingin sekali melihat langsung perkembangan Perpustakaan Amanah ini akan tetapi situasi pandemi saat ini sehingga program tahunan yang sudah terencana dengan baik terpaksa tetap kami laksanakan meskipun hanya virtual,” kata Syamsul.

Dia pun mengapresiasi upaya yang dilakukan Perpustakaan Amanah Desa Tabongo Barat yang didukung oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Gorontalo untuk menjadi yang terbaik sehingga berhasil masuk 6 besar Nasional.

“Menjadi nominasi 6 besar dari sekian ribu perpustakaan desa/kelurahan di seluruh Indonesia tidak mudah, sebab semuanya bagus, baik dari sarana dan prasarana ditambah dengan dukungan anggaran pemerintah pusat sampai pemerintah desa. Kesemuanya itu tak lepas dari doa para pengelola dan pemangku kepentingan di daerah,” ucap Syamsul.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan Provinsi Gorontalo Syahrudin Porindo yang dalam pertemuan virtual ini dipercaya Perpustakaan Nasional menjadi pemandu acara pada acara lomba perpustakaan desa/kelurahan tingkat nasional di Gedung Perpustakaan Amanah.

Pertemuan virtual penilaian lomba perpustakaan ini dihadiri Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo Sul A Moito dan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gorontalo Yahya Podungge, Camat Tabongo, Kepala Desa dan pengelola perpustakaan.(adv/alex)