Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Mulai Dibahas

Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Mulai Dibahas

12/08/2021 19:08 0 By Maman

Bawaslu J. Umar Webinar Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, J. Umar mengikuti webinar yang digelar Direktor Jenderal Politik dan PUM Kemendagri RI yang dihadiri jajaran KPU-Bawaslu dan KesbangPol Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. (foto:hms)

Hulondalo.id – Meski pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah serentak baru akan digelar tahun 2024 mendatang, namun langkah-langkah persiapan mulai dibahas oleh pemerintah bersama penyelenggara KPU-Bawaslu.

Persiapan dilakukan Direktor Jenderal Politik dan PUM Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui webinar tentang, peningkatan partisipasi masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi, yang dihadiri jajaran KPU-Bawaslu dan KesbangPol Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, J. Umar hadir dalam kegiatan tersebut melalui zoom meeting. Usai pertemuan, J. Umar menyampaikan apresiasinya kepada Ditjen Politik dan PUM Kemendagri, pimpinan Bawaslu, KPU dan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) sebagai narasumber.

Kegiatan ini kata J. Umar, ikhtiar untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

“Karenanya, penting untuk dibahas lebih awal, karena ini baru pertama kali akan dilaksanakan sepanjang pelaksanaan demokrasi di Negara Republik Indonesia,” ungkapnya pada Kamis, (12/08/2021).

Pesan dari para narasumber bahwa, untuk menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak 2024, hal yang penting dilakukan adalah membangun sinergi dan kolaborasi antar lembaga/pemangku kepentingan dari tingkat pusat hingga ke daerah.

“Kemudian, mendorong partispasi masyarakat dalam mengawal setiap tahapan pelaksanaanya,” katanya.

“Agar, harapan dan catatan penting dalam webinar tersebut, dapat ditindaklanjuti di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, sebagai ikhtiar bersama untuk mewujudkan Pemilu dan Pilkada berkualitas, dan berintegritas di Provinsi Gorontalo,” tambahnya. (Adv)