Persiapan Pilkada Serentak, 3 Lembaga Penyelenggara Pemilu RI Kumpul di Gorontalo

Persiapan Pilkada Serentak, 3 Lembaga Penyelenggara Pemilu RI Kumpul di Gorontalo

16/11/2020 22:30 0 By Alex

DKPP

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyerahkan hibah tanah untuk membangun kantor kepada Ketua Bawaslu RI Abhan dan komisioner KPU RI Viryan Aziz, Senin (16/11/2020). (Foto: Salman-Humas).

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berhasil mempertemukan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Viryan Aziz dalam sebuah forum di Gorontalo, Senin (16/11/2020).

Mereka berkumpul pada kegiatan Penguatan dan Pengarahan dalam rangka Sinergitas Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Masa Pandemi Covid-19, Senin (16/11/2020). Hal itu sebagai bagian dari persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak di 3 daerah di Gorontalo pada 9 Desember 2020.

“Nanti momen Pilkada 2020 ini bisa didatangi mereka bertiga. Kami bermohon kepada beliau-beliau untuk memberikan arahan, penguatan terhadap pelaksanaan pilkada di era Covid-19,” kata Gubernur Rusli Habibie.

Rusli berharap, momen langka ini bisa dimanfaatkan oleh KPU dan Bawaslu provinsi dan kabupaten untuk memperkuat kesiapan pelaksanaan Pilkada.

Berbagai permasalahan dan kendala-kendala yang terjadi di lapangan pun diharapkan agar bisa dikomunikasikan untuk mendapatkan solusi terbaik.

Menanggapi pernyataan Gubernur Gorontalo, Ketua DKPP Prof Muhammad juga mengakui, pertemuan 3 lembaga penyelenggara pemilu di luar Jakarta sebagai sesuatu yang langka dan baru terjadi di Provinsi Gorontalo.

“Dalam catatan saya, belum pernah ada tiga lembaga bertemu di luar Jakarta kecuali di Gorontalo ini. Tiga lembaga itu, 2 dihadiri ketuanya. Saya sebagai Ketua DKPP, Pak Abhan Ketua Bawaslu. Seharusnya Pak Arif (Ketua KPU RI) juga hadir, tapi karena masih berduka makanya mewakilkan kepada sahabat saya ini Pak Viryan,” terang Prof Muhammad.(adv/alex)