Perusahaan Harus Terapkan Skala Upah, Husen: Biar Adil

Perusahaan Harus Terapkan Skala Upah, Husen: Biar Adil

24/04/2019 10:52 0 By Alex

upah buruh

ilustrasi upah buruh (istimewa)

Hulondalo.id – Seluruh perusahaan yang menjalankan operasinya di Gorontalo harus menerapkan struktur skala upah bagi karyawannya.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal, ESDM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Provinsi Gorontalo, Husen Husni. Menurutnya, tujuannya tidak lain untuk menciptakan hubungan industrial yang harmonis, berkeadilan dan bermartabat.

“Iya, biar adil. Pengaturan struktur dan standar upah di perusahaan, agar perusahaan dapat memetakan bobot jabatan dengan imbalan upah pokok yang diterima karyawannya, sehingga dapat menjamin keadilan internal,” ungkap Husen saat membuka Bimtek Penyusunan Struktur dan Skala Upah bagi HRD perusahaan yang digelar di Grand Q Hotel, Selasa (23/4/2019).

Dengan penerapan struktur dan standar upah, dapat menjadi jawaban bagi sistem pengupahan yang adil dan layak. Keadilan yang dapat dicapai dengan analisa dan evaluasi jabatan, serta survei upah yang berlaku di pasaran untuk menjaga daya saing.

“Dengan begitu, pada akhirnya perusahaan mampu meningkatkan daya saing, mewujudkan visi/misi perusahaan, serta memproteksi pekerja/buruh untuk selalu memberikan yang terbaik bagi perusahaan,” tegas Husen.

Pihaknya juga, melalui tim pengawas yang melibatkan unsur pemerintah, pekerja dan pengusaha, kedepan akan melakukan pemantauan di lapangan untuk memastikan laporan dari perusahaan yang mengaku sudah menerapkan struktur skala upah, apakah benar-benar sudah dilaksanakan atau belum.

Sebelumnya, Upah Minimum Provinsi (UMP) Gorontalo tahun ini naik sebesar 8,03% menjadi Rp 2.384.020,- dari tahun 2018 sebesar Rp 2.206.813,-.

Kegiatan Bimtek bagi HRD Perusahaan ini digelar oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Dirjen PHI dan Jamsos), Kementerian Tenaga Kerja RI, bagi puluhan perusahaan yang ada di Gorontalo.(usman)