Peserta Jelajah Wisata Sulawesi Tiba di Kabupaten Toraja Utara

Peserta Jelajah Wisata Sulawesi Tiba di Kabupaten Toraja Utara

22/02/2020 22:30 0 By Alex

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan saat menyambut kedatangan peserta Jelajah Wisata Sulawesi yang dipimpin Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Sabtu (22/2/2020). (F. Salman)

Hulondalo.id – Tepat pukul 20.00 Wita, Para peserta touring Jelajah Wisata Sulawesi 2020 akhirnya tiba di Etape kedua, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (22/2/2020).

Mereka disambut hangat oleh Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan di Hotel Misiliaana dan anggota Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, peserta touring Jelajah Wisata Sulawesi bertolak dari Kota Pare-pare sebagai Etape pertama. Perjalanan yang ditempuh dari Kota Pare-pare menuju Kabupaten Toraja Utara ini sejauh 176 Kilometer.

Sebelum tiba di Kabupaten Toraja Utara, para peserta yang dipimpin Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu melewati Kabupaten Sidrap, Kabupaten Enrekkang dan Kabupaten Tana Toraja.

Pun selama perjalanan, para peserta kerap memperlambat laju kendaraan mengingat medan jalan yang sempit dan berpapasan dengan kendaraan besar. Peserta pun sempat beristirahat di beberapa titik, seperti di SPBU dan lokasi wisata Gunung Nona, Kabupaten Enrekkang.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan saat berbagi cenderamata. (F. Salman/Humas)

Saat menyambut peserta touring Jelajah Wisata Sulawesi, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan turut membagikan tips pengelolaan pariwisata di daerahnya yang baru dimekarkan 11 Tahun yang lalu.

Menurut Kalatiku, budaya daerah sejatinya menjadi kunci untuk menarik wisatawan.

“Daerah ini memiliki kebijakan, yaitu upaya kami mengembangkan pariwisata, agar masyarakat di sini sejahtera. Kami memiliki 17 unggulan objek wisata dan sementara mengembangkan 387 objek wisata yang baru,” terang Kalatiku.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengaku terkesan dan kagum terhadap pesona di Kabupaten Toraja Utara ini.

“Saya mendukung kebijakan Pak Bupati. Toraja Utara itu indah. Saya tadi singgah di Gunung Nona, melihat keindahan di sana. Kami menghabiskan hampir sepuluh piring pisang goreng tadi di tempat itu,” timpal Rusli.

Para peserta Jelajah Wisata Sulawesi saat tiba di Gunung Nona, Kabupaten Enrekkang. (F. Salman/Humas)

Selanjutnya, peserta Jelajah Wisata Sulawesi akan melanjutkan perjalanannya menuju menuju Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah sebagai Etape ketiga, besok, Ahad (23/2/2020). Peserta akan melewati jarak tempuh sejauh 378 Kilometer.(adv/alex)