PETAKU, Mudahkan Warga Berkonsultasi seputar Koperasi dan UMKM di Tulungagung

PETAKU, Mudahkan Warga Berkonsultasi seputar Koperasi dan UMKM di Tulungagung

20/09/2020 16:31 0 By Syakir

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Tulungagung Slamet Sunarto

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Tulungagung Slamet Sunarto

Hulondalo.id – Pelaku koperasi dan UMKM di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, yang ingin melakukan konsultasi, sudah bisa memanfaatkan layanan PETAKU, dan konsultasi pun bisa dilaksanakan secara online.

Sejatinya, program PETAKU yang merupakan kependekan dari Pelayanan Terpadu Koperasi dan UMKM adalah, bentuk layanan konsultasi online yang memanfaatkan google form. Untuk memanfaatkannya, masyarakat cukup mengunjungi website cistulungagung.com

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Tulungagung Slamet Sunarto mengatakan, selama ini proses konsultasi seputar UMKM dan Koperasi, masih dilakukan secara manual. Dan itu dirasa kurang efektif, karena selain terkendala waktu, jarak juga biaya.

“Fasilitas google form pada Petaku dibuat untuk mempermudah pelaku Koperasi dan UMKM di Tulungagung untuk konsultasi secara online.” jelas Slamet melalui, Sabtu (19/09).

Dengan inovasi ini, pihaknya kata Slamet, akan cepat mengetahui dan menginventarisir persoalan di lapangan, dan kemudian jawaban akan langsung diberikan oleh konsultan yang kompeten di bidangnya.

Slamet juga menjelaskan, ada dua cara pendampingan yang dilakukan yaitu dengan melalui media komunikasi dan pendampingan langsung dilapangan dengan mendatangai langsung Koperasi dan tempat produksi UMKM itu.

Selaku Kepala Dinas, Slamet berharap inovasi program Petaku dapat memberikan pelayanan terhadap Koperasi dan UMKM dapat lebih cepat dan tepat. “Ayo kita sukseskan program Petaku, Koperasi berkwalitas, UMKM naik kelas.” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo mendukung program Petaku yang dikeluarkan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Tulungagung.

Sebagai Bupati Maryoto meyakini para pelaku Koperasi dan UMKM akan mampu berdaya guna dan berhasil guna, dalam mendukung kesuksesan program pembangunan di Kabupaten Tulungagung.

“Maju terus Koperasi dan UMKM Kabupaten Tulungagung, aku selalu ada untukmu.” tutupnya. (sururi)