Pilkades Serentak di Pohuwato, 2 Desa ‘Banjir’ Calon

13/11/2019 18:54 0 By Yadin

Pembukaan sampul soal oleh Wabup Amin, Rabu (13/11/2019).

Hulondalo.id – Sebanyak 14 desa di Kabupaten Pohuwato akan menyelenggarakan Pilkades serentak, 10 Desember nanti.

Nah 2 dari 14 desa yakni Desa Buntulia Tengah dan Desa Torosiaje sudah kelebihan calon alias calon yang mendaftar sudah lebih dari 5 orang.

Dengan demikian, Rabu (13/11/2019), dilaksanakan seleksi tambahan calon kepala desa untuk 2 desa tersebut yang dibuka oleh Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras.

Seleksi tambahan dilakukan atas dasar ketentuan yang mengatur penyelenggaraan Pilkades. Dimana, ketika terdapat calon yang lebih dari yang ditentukan, harus dilakukan seleksi tambahan untuk menetapkan sesuai dengan jumlah calon yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Ini adalah perintah undang-undang dan bukan kemauan pemerintah daerah dalam melakukan seleksi ini. Karena calon lebih dari 5 orang, maka daerah wajib melakukan seleksi,” jelas Wabup Amin.

Kepada panitia seleksi, Amin berharap agar memberikan penilaian yang objektif dalam menetapkan hasil dari seleksi.

Kadis PMD Pohuwato, Tasrief Haras menambahkan, dari 14 desa yg mengikuti Pilkades serentak hanya 2 desa saja yang calonnya lebih dari 5.

“Karena lebih dari 5 calon maka diseleksi. Untuk tim penguji terdiri 5 orang, masing-masing 4 dari akademisi dan praktisi di luar pemerintahan, dan 1 orang dari birokrasi,” terang Tasrief. (yadin/adv)