Pimpin Rapat BKSU, Wabup: Evaluasi Kelembagaan & Regulasi

Pimpin Rapat BKSU, Wabup: Evaluasi Kelembagaan & Regulasi

17/03/2021 14:23 0 By Maman

Raker Pelaksanaan Program BKSU

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu memimpin rapat kerja pelaksanaan program BKSU. (foto:prin)

Hulondalo.id – Kelembagaan dari Badan Kerjasama Utara-utara (BKUS) penting untuk dievaluasi. Evaluasi kata Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu menyesuaikan dengan regulasi yang ada.

“Soal kelembagaan, perlu ada evaluasi terhadap kelembagaan BKSU,” kata Wabup usai memimpin Rapat Kerja Pelaksanaan Program BKSU di ruang Tinepo, Kantor Bupati Gorontalo Utara, Rabu (17/3/2021).

Dalam rapat tersebut kata Wabup, juga membahas MoU, syarat-syarat kerja sama, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor(PP) 28 Tahun 2018, tentang kerja sama daerah dan Permendagri.

Evaluasi kata Wabup lagi, sejauh mana keberhasilan dari format kerja sama sebelumnya yang sudah berjalan 8 tahun. Mana yang harus dikembangkan, mana yang tidak layak lagi dan mana yang harus di perbaharui. Itu yang akan didorong lagi.

“Terhadap regulasi yang baru tentang kerja sama daerah, baik itu peraturan pemerintah maupun permendagri. Termasuk, syarat dan mekanisme apa yang belum ada didalam kerja sama selama ini itu yang harus diadakan,” ungkap Wabup.

“Sehingga nanti secara kelembagaan dimasing-masing daerah, karena ini berkaitan dengan konsekuensi anggaran masing-masing daerah, harus ada payung hukum yang memayungi, yang mengatur kewenangan masing-masing daerah dan penggunaan anggaran dalam kegiatan BKSU,” tambahnya.

Wabup juga mengatakan, yang paling utama disamping tiga agenda lain yaitu, penyusunan master plan dan road map kawasan, kemudian sistem data base kawasan dan, sistem informasi kawasan. (Prin/Adv)