PKMD, UBM Gorontalo Lepas Mahasiswa Analis Kesehatan di Boalemo-Pohuwato

PKMD, UBM Gorontalo Lepas Mahasiswa Analis Kesehatan di Boalemo-Pohuwato

20/01/2021 21:26 0 By Alex

UBM Gorontalo

Penyerahan mahasiswa Analis Kesehatan, peserta PKMD di Kecamatan Wonggarasi Kabupaten Pohuwato. PKMD merupakan program pengabdian unggulan dari UBM Gorontalo yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Hulondalo.id – Universitas Bina Mandiri (UBM) Gorontalo secara resmi melepas para mahasiswa Analis Kesehatan, Fakultas Sains, Teknologi dan Ilmu Kesehatan (F-STIK) untuk melaksanakan Praktek Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD), Rabu (20/1/2021).

Mereka akan menjalani PKMD selama 6 pekan dan akan disebar di 2 daerah di Gorontalo, masing-masing Kabupaten Boalemo dan Pohuwato.

PKMD tersebut merupakan salah satu program unggulan rutin tahunan UBM Gorontalo untuk tujuan pengabdian.

Dikatakan Rektor UBM Gorontalo, Dr Hj Titin Dunggio MSi MKes, selain menjadi ajang untuk lebih mendekatkan para mahasiswa kepada masyarakat, program PKMD ini akan memberikan banyak manfaat terhadap peningkatan derajat kesehatan yang ada di desa tujuan pelaksanaan kegiatan.

Sebab, salah satu program yang dilaksanakan dalam PKMD tersebut adalah pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan oleh para mahasiswa yang meliputi cek tekanan darah, serta pemeriksaan kadar asam urat, kolesterol dan kadar glukosa dalam darah.

“Dengan demikian, masyarakat bisa mengetahui kondisi kesehatannya. Dengan adanya mahasiswa yang melaksanakan PKMD, maka pemeriksaan dilakukan secara gratis, yang tentu akan sangat membantu meringankan biaya,” kata Titin.

Tak hanya itu, para mahasiswa juga akan bersama pemerintah desa hingga kecamatan untuk menjaga kebersihan serta mengedukasi masyarakat untuk lebih menjaga kesehatan diri dan keluarga.(adv/rls/ais)