PKS Pengelolaan 3 Pulau Dibahas Bersama DPRD

PKS Pengelolaan 3 Pulau Dibahas Bersama DPRD

05/10/2021 18:11 0 By Maman

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu menghadiri pembahasan PKS pengelolaan 3 pula oleh investor bersama DPRD Gorontalo Utara. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Pengelolaan tiga pulau masing-masing, Pulau Saronde, Pulau Mohinggito dan Pulau Bogisa oleh investor, akan dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS). Sebelum PKS ditandatangani kata Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, diawali dengan penyusunan PKS dan dibahas bersama DPRD Gorontalo Utara.

Pembahasan tersebut kata Wabup, sesuai Permendagri nomor 22 Tahun 2020 yang nantinya akan melahirkan rekomendasi dari DPRD. Pembahasan kata Wabup juga, dilakukan bersama OPD teknis terkait dan investor yang akan mengelola ketiga pulau tersebut.

“Tahapan ini sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, salah satu rekomendasi dari DPRD,” kata Wabup, Selasa (5/10/2021).

Poin apa saja yang akan dituangkan dalam PKS itu dibahas bersama, sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku juga. Antara lain bahwa, isi PKS ini menguntungkan kedua belah pihak termasuk daerah. Contohnya kata Wabup, jika PKS ini berlaku 30 tahun, maka harus dibahas apa yang akan diperoleh selama kerjasama ini berjalan.

“Pembahasannya sangat detail, efek dari Saronde sangatlah besar baik itu, terhadap lingkungan, sosial, ekonomi,” tandasnya. (Prin/Adv)