PMI Anggap Bold Riders Solusi Kebutuhan Darah, Citra Buruk Anak Motor Langsung Berubah

PMI Anggap Bold Riders Solusi Kebutuhan Darah, Citra Buruk Anak Motor Langsung Berubah

10/11/2021 22:33 0 By Syakir

Hulondalo.id – Sebanyak 715 komunitas yang tergabung dalam kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) di 91 kabupaten kota sukses menggelar donor darah sejak 11 hingga 28 Oktober 2021.

Donor darah bertema bakti pemuda setetes darah untuk negeri 2021 ini mendapatkan dua rekor sekaligus, yakni donor darah serentak terbanyak oleh komunitas dan donor darah serentak di kabupaten kota terbanyak.

PMI memberikan banyak apresiasi dalam kegiatan tersebut, bahkan disebut kebutuhan darah untuk PMI saat ini sudah ada solusinya.

Sejumlah komunitas seperti anak motor Bold Riders kini mulai rutin donor tiga bulan sekali, seperti di Bold Riders Madiun dan Bold Riders Gorontalo serta Bold Riders di kota lainnya.

PMI Gorontalo pun memiliki cerita tersendiri terkait dengan aksi anak motor Bold Riders ini.

“Kami bangga dengan kegiatan donor darah massal yang digelar oleh kawan-kawan Bold Riders di Gorontalo dan kota lainnya. Kegiatan ini akhirnya mengubah maindset kami di PMI yang pada awalnya setiap kegiatan anak-anak motor tidak pernah difollow-up, sekarang menjadi rutin dan bisa menjadi solusi atas kekurangan darah di PMI,” jelas Kepala Bidang Pencari, Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Kota Gorontalo, Ahmad Saman, Rabu (10/11/2021).

Donor darah anggota komunitas bold riders Gorontalo

Rekor ini sudah diserahkan MURI kepada perwakilan komunitas Kolaborasi KITA pada acara Webinar, Sabtu (6/11) yang juga dihadiri sejumlah perwakilan PMI.

Dia mencatat dalam beberapa bulan terakhir ini sudah terkumpul 513 kantong darah yang disumbang oleh Bold Riders Gorontalo. Sedangkan dalam sekali acara donor pada bulan Oktober 2021 ada sebanyak 156 kantong darah yang terkumpul.

Jumlah ini naik berlipat-lipat dibanding donor yang diterima PMI yang hanya ada di angka lima sampai maksimal 10 pendonor untuk komunitas yang lain. Karena itu dia terkejut dengan pencapaian dari anak motor di Gorontalo yang sampai di angka ratusan kantong darah.

“Setelah berbagai kegiatan ini kami langsung meminta untuk menghapus daftar blacklist komunitas ini. Saya mewakili masyarakat yang tengah berbaring di rumah sakit mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Darah ini kami berikan di 13 rumah sakit yang kami layani,” imbuhnya.

Program donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah diinisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020.  Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi KITA didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah serentak di wilayah Indonesia Timur dengan tema #SetetesDarahUntukNegeri2021 ini juga akhirnya memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu  Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. (*)