Pokja Desa UNG Mitigasi Penanganan Covid-19 di Desa Terpadat di Dunia

Pokja Desa UNG Mitigasi Penanganan Covid-19 di Desa Terpadat di Dunia

22/11/2020 13:55 0 By Alex

UNG Pokja Desa

Suasana FGD yang digelar Pokja Desa Universitas Negeri Gorontalo di kantor Desa Jaya Bakti, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Hulondalo.id – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melalui Pokja Desa menggelar Focus Group Disscussion (FGD) terkait kajian dampak sosial ekonomi dan mitigasi penanganan Covid-19 untuk Desa Jaya Bakti, Kecamatan, Pagimana, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Sabtu (21/11/2020).

Sebelumnya, Desa Jaya Bakti diklaim merupakan sebuah desa terpadat di dunia. Terungkap dalam FGD tersebut, desa yang didiami masyarakat Bajo tersebut memiliki jumlah penduduk sebesar 5.022 jiwa atau 1.233 kepala keluarga.

“Melalui FGD ini, kami menggunakan 4 variabel untuk melakukan kajian untuk Desa Jaya Bakti, yaitu sosial ekonomi, mitigasi pandemi, keluarga tangguh dan desa tangguh,” ujar anggota Pokja Desa UNG, Ridwan Ibrahim.

Melalui FGD tersebut, lanjut Ridwan, UNG melalui Pokja Desa akan terus melakukan pendampingan dalam rangka meningkatkan kapasitas desa yang berada di kawasan Teluk Tomini tersebut.

Pokja Desa UNG bersama aparat Desa Jaya Bakti usai pelaksanaan FGD.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Jaya Bakti, Nurlan During menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI dan UNG yang akan melakukan kajian mitigasi di desanya.

“Terima kasih kepada pak Menteri Desa PDTT, pak Rektor UNG dan Pokja Desa yang menjadikan desa kami sebagai desa tujuan dalam riset kementerian melalui UNG,” tandas Nurlan.(adv/Mg1)