Polda Gorontalo Siap Tertibkan Alat Berat di Tambang Ilegal Pohuwato

Polda Gorontalo Siap Tertibkan Alat Berat di Tambang Ilegal Pohuwato

13/10/2020 20:57 0 By Syakir

Rapat Forkopimda Provinsi Gorontalo, membahas soal rencana penertiban tambang ilegal di Pohuwato, Selasa (13/10/2020).

Hulondalo.id – Alat berat yang kini beroperasi di tambang tambang tanpa izin di Pohuwato, salah satunya di Botudulanga, Gunung Pani, segera ditertibkan. Keputusan itu terungkap dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Derah (Forkopimda) yang digelar di DPRD Provinsi.

Hadir dalam rapat, Selasa (13/10/2020), diantaranya, Polda Gorontalo yang di wakili oleh Karo OPS, Pemerintah Provinsi, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo, Kapolres Pohuwato, Korem 133 Nani Wartabone, Kodim 1313 Pohuwato, Kejati Gorontalo, dan Pemuda Peduli Gorontalo.

Ada dua poin kesepakatan dalam rapat Forkopimda itu, kata Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Paris Jusuf. Pertama, penertiban alat berat yang ada di lokasi tambang tak berizin di Pohuwato, Kedua soal Wilayah pertambangan Rakyat (WPR) yang segera disampaikan ke Kementrian ESDM, setelah ditanda tangani Gubernur.

“Terkait masalah alat berat, pihak Polda Gorontalo siap untuk mengawal hal ini. Untuk selanjutnya, akan di bicarakan lagi di tingkat Provinsi mengenai cara, mekanismenya, dampak yang ditimbulkan, anggarannya, sasarannya, dan waktu pelaksanaanya”, ungkap Paris.

Paris memastikan, penanganan aktivitas tambang tak berizin itu, sudah menjadi kewenangan provinsi untuk menindak lanjutinya, sesuai kesepakatan dalam rapat Forkopimda.

Terpisah, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga akan turut mendukung keputusan dan langkah yang di ambil dalam rapat Forkopimda kali ini.

“Saya setuju lingkungan harus dijaga, dan yang melanggar hukum harus ada konsekuensi, tetapi ada satu hal yang perlu dilakukan adalah mengundang mereka dan memberikan suatu pemahaman bahwa apa yang di lakukan memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan”, tutur Syarif. (rinto)