Polda Gorontalo Turun Tangan, Lansia sampai Mahasiswa Semua ‘Terjaring’ Vaksinasi

Polda Gorontalo Turun Tangan, Lansia sampai Mahasiswa Semua ‘Terjaring’ Vaksinasi

23/06/2021 17:16 0 By Syakir

Kapolda Gorontalo Irjen Pol Dr.Akhmad Wiyagus,SIK.,M.SI.,MM, memantau pelasanaan vaknisasi untuk masyarakat, yang digelar DirLantas dan Sat Brimob Polda Gorontalo.

Hulondalo.id – Hampir sepekan terakhir, Polda Gorontalo dan jajaran, begitu intens melakukan vaksinasi covid-19 untuk masyarakat umum. Tak hanya sosialisasi, aksi jemput bola pun dilakukan mulai dari mengunjungi pabrik, hingga vaksinasi dari rumah ke rumah.

Sedikitnya ada 16 ribu dosis vaksin yang disediakan untuk vaksinasi massal, jelang peringatan HUT Bhayangkara ke 75.

Aksi jemput Bola Polda Gorontalo patut diancungi jempol. Setelah melakukan vaksinasi di internal kepolisian, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Dr.Akhmad Wiyagus,SIK.,M.SI.,MM membentuk agen vaksin. Setiap personel Polri, wajib membawa minimal 3 orang untuk divaksin.

Langkah ini sepertinya cukup ampuh. Hal ini terlihat dari jumlah peserta vaksin baik di Polda Gorontalo, hingga Polres yang jumlahnya mencapai ratusan orang per hari, termasuk para lansia.

Vaksin massal tak hanya dibuka di Polda Gorontalo, tapi juga di Polres jajaran. Seperti yang dilakukan Polres Gorontalo Kota, yang beberapa hari terakhir melayani ratusan masyarakat untuk divaksin.

Tak hanya di markas, pemberian vaksin juga dilakukan dengan mendatangi langsung masyarakat. Seperti dilakukan Polsek Dungingi, yang melakukan vaksin langsung ke rumah rumah warga.

Sedangkan Bid Dokkes Polda Gorontalo, mendatangi Pabrik Gula. Ada 925 karyawan pabrik yang berhasil divaksin disana. Vaksinasi juga dilakukan di Lapas Donggala.

“Kami pastikan vaksin sebanyak 16.000 yang masa kadaluarsanya pada Juni 2021 akan habis,” ungkap
Kabid Dokkes Polda Gorontalo Kombespol Dr. Wasis Murjito, Melalui Paur Yankes Iptu Dr. Lyka Mustika Delima, Rabu (23/6/2021).

Jika ditotal, sudah ada ribuan warga yang ikut divaksin. Karena setiap hari ada ratusan warga yang menjalani vaksinasi, bahkan diantara mereka 50 mahasiswa dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang juga berpartisipasi.

Antusiasme warga mengikuti vaksinasi covid-19 ini, diakui Kabid Humas Polda Gorontalo Kombespol Wahyu Tri Cahyono, SIK. Menurutnya, kendati jumlah peserta vaksin cukup banyak, pemberlakukan protokol kesehatan tetap menjadi prioritas.

“Antusias tersebut menandakan bahwa masyarakat sudah menyadari pentingnya untuk mendapatkan vaksin Covid-19, Wahyu juga mengimbau untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Meski pemberian vaksin intens dilakukan, namun Wahyu menghimbau masyarakat jangan lengah. Menggunakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan, masih menjadi cara ampuh untuk memutus penyebaran covid-19.

Rencananya 26 Juni 2021, akan digelar vaksinasi di Polda Gorontalo dan jajaran, secara serentak. Ada 4.298 vial vaksin disediakan dalam kegiatan dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 75. (**)