Polemik Vaksinasi di Pasar, Penting Diawali dengan Sosialisasi

Polemik Vaksinasi di Pasar, Penting Diawali dengan Sosialisasi

30/08/2021 16:46 0 By Maman

Hamzah Siswanto

Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik dan Anggota Komisi I DPRD Gorontalo Utara, Siswanto Biki.

Hulondalo.id – Polemik vaksinasi dipasar Ombulodata Kwandang yang terjadi belum lama ini, menurut Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik penting untuk diawali dulu dengan sosialisasi.

“Harusnya diawali dengan sosialisasikan terlebih dulu, sehingga masyarakat mendengar dan mengetahui, seperti pemadaman listrik, ada pemberitahuan lebih dulu, tanggal sekian wilayah ini akan mati, bahkan hingga waktu dari pukul berapa sampai pukul berapa juga ada,” kata Hamzah.

Kejadian di pasar Ombulodata kata Hamzah, apa yang dilakukan warga itu tidak salah. Begitu juga dengan niat Forkopimda dalam hal ini kepolisian, tenaga kesehatan juga tidak keliru.

“Disini mungkin ada miskomunikasi, miscara gitu,” kata Hamzah, Senin (30/8/2021).

Jika cara yang dilakukan dengan tiba-tiba seperti itu, maka masyarakat kata Hamzah, pasti kaget. Belum lagi di publik kata Hamzah, informasi hoaks tentang vaksin sedang merajalela, ditengah upaya untuk selalu menangkal yang dilakukan semua pihak.

“Kalau memang informasi tak jelas tentang vaksin itu benar, saya sudah lumpuh sekarang, bung Andi juga sudah lumpuh, karena kami di vaksin sinovac,” jelasnya.

“Artinya tidak benar, kalaupun ada satu dua kasus, itu kasuistik, barangkali karena yang bersangkutan ada penyakit bawaan atau apa segala macam, tapi alhamdulillah, saya, istri saya, ajudan saya divaksin, sehat semua sampai hari ini,” sambungnya.

Hamzah juga mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini tidak akan membebani, meresahkan bahkan merugikan masyarakat.

“Kita ingin tidak ada yang resah, tidak ada yang gelisah, bahkan jangan sampai ada yang rugi,” terangnya.

Di Pemerintah Pusat kata Hamzah, ada program pemulihan ekonomi nasional. Di Provinsi Gorontalo juga demikian, ada BPNTD agar stimulus kepada masyarakat yang terdampak covid termasuk daerah.

Tapi, dalam konteks ekonomi, jual beli dipasar menurut Hamzah, itu adalah ekonomi rill. Kalau tiba-tiba dengan cara yang belum di sosialisasikan sebelumnya, kemudian merugikan masyarakat itu sendiri, berarti upaya untuk mendorong pemulihan ekonomi tidak ada.

“Jadi, menurut hemat kami di DPRD, saya sebagai pimpinan DPRD, bung Andi sebagai Komisi 1, mengharapkan cara-cara misalnya ada kreativitas, dan juga dibarengi dengan sosialisasi yang utuh, yang memadai supaya masyarakat tidak kaget,” tuturnya.

Hamzah mendorong, mulai sekarang agar semua instrumen, stakeholder untuk menyosialisasikan, termasuk pemberitaan salah satu bagian dari sosialisasi.

Kepada masyarakat juga, Hamzah berharap, mulai saat ini memeriksakan diri. Kalau memang sudah layak untuk divaksin, segera vaksin.

Anggota Komisi 1 DPRD Gorontalo Utara, Siswanto Biki juga mengatakan, niat yang baik, perlu dibarengi pula dengan cara yang baik. (Prin/Adv)