Polisi Ungkap Jaringan Pengedar Sabu di Gorontalo

Polisi Ungkap Jaringan Pengedar Sabu di Gorontalo

04/08/2020 14:30 0 By Jeffry

Wakapolres Gorontalo Kota Boby Rahman saat konferensi pers pengungkapan kasus narkoba, Selasa (4/8/2020).

Hulondalo.id – Satuan Narkoba Polres Gorontalo Kota berhasil mengungkap sindikat kasus peredaran narkoba jenis sabu di 2 tempat berbeda.

Dari penangkapan itu, sedikitnya 3 orang ditangkap polisi. Ketiga tersangka itu masing-masing ZB (27), JE (28) serta TO (26). Mereka diamankan setelah tertangkap tangan memiliki narkoba jenis sabu yang dipasok dari kabupaten Toli-toli (Sulteng) ke Gorontalo.

“Pengungkapan ini merupakan hasil dari kerja keras Satnarkoba Polres Gorontalo Kota. Dari hasil uji laboratorium pula, paket yang dikemas dalam plastik kip itu mengandung Methapetamine (narkotika sabu),” kata Wakapolres Gorontalo Kota Kompol Boby Rahman, Selasa (4/8/3020).

Pengungkapan kasus ini berawal dari informasi adanya pengiriman paket di sebuah mobil rental yang dikemudikan ZB (27) di Jalan HB Jassin, Kelurahan Wumialo Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo, Ahad (19/7/2020) silam.

Saat diperiksa paket yang berisi pakaian itu ternyata disisipkan narkotika jenis sabu di dalam lipatan resleting celana yang sudah di gunting.

“Jadi si ZB ini dari hasil pemeriksaan ditemukan narkoba jenis sabu seberat 0.23575 gram yang diisi dalam plastik kip di dalam paket tersebut,” jelas Wakapolres Boby Rahman.

Dari hasil tangkap tangan itu pula, polisi terus mengembangkan kasus dengan menggali informasi dari ZB. Alhasil, tanggal 20 Juli 2020 polisi pun langsung bergerak menuju kediaman JE (28) yang merupakan pemilik paket yang berada di Kelurahan Paguyaman Kecamatan Kota Tengah.

Dari penangkapan terhadap JE, polisi menyita sebuah handphone dan ATM yang dipergunakan sebagai alat bertransaksi narkoba.

Usaha polisi pun tak sampai disitu, dihari yang sama polisi juga menangkap TO (26) yang saat itu berada di desa Nopi Kecamatan Baolan, Toli-toli (Sulteng) melalui keterangan JE. Dari tangan TO polisi menyita sabu seberat 1.974 gram yang dikemas dalam plastik kip.

Mereka pun dijerat dengan pasal berbeda, untuk ZB dijerat dengan pasal 112 ayat (1) subsider pasal 127 ayat (1) Undang undang No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling lama 15 tahun.

Sementara, JE dan TO dijerat dengan pasal 114 ayat (1) subsider pasal 112 ayat (1) Undang undang No 35 Tahun 2009 dengan ancaman pidana hukuman penjara paling lama 20 Tahun(Jeff)