Polres Gorontalo Sita Puluhan Liter Miras Jelang Tradisi Lebaran Ketupat

Polres Gorontalo Sita Puluhan Liter Miras Jelang Tradisi Lebaran Ketupat

19/05/2021 17:29 0 By Alex

lebaran ketupat

Salah satu miras jenis cap tikus yang disita dari kediaman warga oleh pihak kepolisian Polres Gorontalo. (F. Istimewa)

Hulondalo.id – Pengamanan jelang tradisi lebaran ketupat di Kabupaten Gorontalo rupanya tak hanya dilakukan untuk pencegahan penularan Covid-19 dengan menyiagakan ratusan personel kepolisian.

Polres Gorontalo juga giat melakukan operasi rutin dalam mencegah tindakan-tindakan kriminal dan penyakit masyarakat.

Terbukti, Polres Gorontalo baru-baru ini menyita puluhan liter minuman keras (miras) jenis cap tikus yang diduga akan digunakan untuk senang-senang pada lebaran ketupat.

Puluhan liter miras tradisional jenis cap tikus itu disita aparat Polres Gorontalo di Kecamatan Pulubala, Tolangohula dan Asparaga sejak Selasa (18/5/2021).

“Operasi KTYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) ini merupakan giat cipta kondisi menjelang tradisi lebaran ketupat di Kabupaten Gorontalo,” kata Kapolres Gorontalo, AKBP Ade Permana SIK melalui Kabag Ops Polres Gorontalo, AKP Omizon Eka Putra, Rabu (19/05/2021).

Adapun penyitaan tersebut berasal dari pedagang yang ada di Kecamatan Pulubala, Tolangohula dan Asparaga, Kabupaten Gorontalo. Polsek Tolangohula, menyita miras jenis cap tikus di 2 tempat, yakni milik CS (28) di Desa Prima dan RP (46) di Desa Bululi, Kecamatan Asparaga, Kabupaten Gorontalo.

Sedangkan di Pulubala masing-masing AH (40) di Desa Toyidito dan KT (41) di Desa Pulubala, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo.

Adapun sitaan dari operasi KTYD dari CS yakni 1 sak plastik isi 3 liter, 1 gelon ukuran 35 liter yang berisi cap tikus 20 liter, 1  gelon full isi cap tikus 5 liter, 8 sak plastik isi cap tikus 600 mililiter dan 1 sak plastik isi cap tikus 4 liter.

Di rumah RP jumlah sitaan berupa 10 botol ukuran 600 mililiter isi full cap tikus, 10 sak plastik isi cap tikus 10 liter, 2  sak plastik isi cap tikus 7 liter, 2 sak plastik isi cap tikus 2 liter, dan 6 sak plastik isi cap tikus 10 liter.

“Sementara di Polsek Pulubala kami menyita 25 botol cap tikus dan 1 galon 5 liter. Intinya, operasi ini kami lalukan untuk menciptakan suasana kondusif,” kata Omizon.

Dia pun menghimbau kepada masyarakat agar meninggalkan kebiasaan menkonsumsi miras karena lebih banyak mudaratnya dari pada manfaatnya.(Opin)