Polres Kota Sambangi Pelabuhan Penyebrangan, Terkait OTT ?

Polres Kota Sambangi Pelabuhan Penyebrangan, Terkait OTT ?

30/11/2018 20:18 0 By Alex

Stop pungli (ilustrasi)

Hulondalo.id – Pasca operasi tangkap tangan (OTT) tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli), jajaran Polres Gorontalo Kota ramai-ramai mendatangi terminal Pelabuhan Penyebrangan Gorontalo, Jumat pagi,(30/11/2018).

Kali ini, institusi Tribrata itu menekankan kepada otoritas setempat untuk memerangi praktek pungli karena dapat merugikan masyarakat.

“Adapun kriteria pungli, yaitu ada nilai lebih yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan maksud untuk memperlancar atau mempercepat pelayanan administrasi dan pelayanan publik,” ungkap Kasat Binmas Polres Gorontalo Kota, Heny M Rahayu SH pada sosialisasi tentang Saber Pungli.

Pungli juga, tambah Heny, yaitu adanya pungutan bernilai yang tidak ada dalam aturan yang sudah ditentukan oleh pemerintah, ataupun untuk membebaskan atau meringankan hukuman atau sanksi dari suatu ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Pungutan liar itu banyak sekali dampaknya. Misalnya, dapat menyebabkan biaya tinggi yang membebani masyarakat, merusak tatanan dan tentunya merugikan masyarakat,” tambah Heny.

Hal senada juga diungkapkan oleh KBO Reskrim Polres Gorontalo Kota, Ipda Arif Ibrahim. Menurutnya, pungli merupakan perbuatan yang dilakukan oleh seseorang atau Pegawai Negeri atau Pejabat Negara dengan cara meminta pembayaran sejumlah uang yang tidak sesuai atau tidak berdasarkan peraturan yang berkaitan dengan pembayaran tersebut.

“Hal ini juga sering disamakan dengan perbuatan pemerasan, penipuan atau korupsi,” kata Arif. Olehnya, pihaknya berharap agar seluruh masyarakat dapat menghindari, bahkan memerangi pungli.

Hadir pula pada kegiatan tersebut, Kepala Seksi ASDP, Pjs Lanal Gorontalo, Subdenpom Gorontalo, KKP Gorontalo, Dishub Provinsi Gorontalo, KSOP hingga perwakilan buruh.(hl/zhuk)