Poltekgo Bersiap Buka Prodi Pariwisata dan Pertambangan

Poltekgo Bersiap Buka Prodi Pariwisata dan Pertambangan

19/11/2021 19:43 0 By Jeffry

Ketua Yayasan Pengembangan SDM Provinsi Gorontalo Weni Liputo.(F.hms PoltekGo)

Hulondalo.id – Politeknik Gorontalo terus berbenah dan konsisten mencetak sumber daya manusia yang mampu menjawab tantangan dalam memenuhi kebutuhan di Gorontalo.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Yayasan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Gorontalo Weni Liputo saat menghadiri sidang senat terbuka wisuda ke-X Politeknik Gorontalo, Kamis (18/11/2021).

“Kedepan itu ada banyak permintaan, baik dari pihak corporate, pemerintah maupun kementerian agar prodi PoltekGo ini dapat dikembangkan. Ini agar bisa mengakomodir permintaan dari pemerintah maupun corporate sesuai kebutuhan dalam membangun Gorontalo,” ujar Weni Liputo.

Seperti Prodi Pertambangan, kata dia sudah masuk dalam penjajakan penandatanganan MoU dengan salah satu perusahaan pertambangan di Indonesia.

“Jadi PoltekGo diminta untuk membuka prodi pertambangan pemetaan survey untuk dibutuhkan dalam level menengah,” kata Weni Liputo.

Selain itu, Weni juga menyampaikan akan menindaklanjuti permintaan dari Menparekraf Sandiaga Uno agar membuka prodi Pariwisata seiring dengan upaya PoltekGo menjadi perguruan tinggi negeri.

“Jadi, pak Sandi menuntut prodi Pariwisata di PoltekGo itu di tataran aplikatif bukan konseptual. Dan ini sementara kita kaji  berkoordinasi dengan Dirjen Vokasi di Kemendikbudristek,” ucap Weni.

“Insyaa Allah pada tahun depan kita usahakan akan buka beberapa prodi sesuai kebutuhan daerah, baik yang berhubungan dengan pemerintah pusat maupun pihak swasta atau perusahaan yang akan berkiprah di Gorontalo,” imbuhnya.

Terkait dengan support anggaran dirinya mengatakan tak ada masalah, meskipun prinsip PoltekGo mandiri namun Pemprov Gorontalo tak mau melepas begitu saja dengan tetap memberikan subsidi.

“Pak Gubernur dan Wakil Gubernur tetap tak lepas tangan. Suplai subsidi tetap dijalankan sembari memaksimalkan partisipan dari masyarakat. Karena itu fokus kita pada peningkatan kualitas akademik,” tandasnya.(Jeff)