Polwan Salah Satu Instrumen dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Polwan Salah Satu Instrumen dalam Penanganan Pandemi Covid-19

16/08/2021 22:07 0 By Maman

Kapolsek Dungingi IPDA Pranti Natalia Olii

Kapolsek Dungingi IPDA Pranti Natalia Olii usai mengikuti dialog interaktif. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Polwan kata Kapolsek Dungingi, IPDA Pranti Natalia Olii, SH, salah satu instrumen dan ikut berperan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Jelang HUT Polwan ke 73 tahun 2021 kata Pranti Natalia Olii, di internal institusi Polri, peran Polwan memiliki kesetaraan dalam bertugas dengan polisi laki-laki.

“Pelaksanaan tugas sebagai Polwan, tidak mengurangi kewajiban sebagai wanita dan ibu rumah tangga, namun juga tidak mengganggu pekerjaan sebagai polisi wanita selama ini,” ungkapnya usai dialog interaktif berbicara peran polwan dalam mewujudkan polwan yang presisi, Senin (16/8/2021).

Lanjut kata Pranti Natalia Olii, penanganan tindak pidana juga melibatkan para polwan, khususnya yang terjadi pada perempuan dan anak. Misalnya, tindak pidana kekerasan bagi seorang perempuan.

“Dipemeriksaan awal penyidiknya laki-laki, korban tidak akan leluasa untuk menjelaskan apa yang dialami, jadi, kami Polwan yang memeriksa agar lebih leluasa dalam melakukan pemeriksaan, utamanya dalam penanganan kekerasan fisik maupun seksual,” ujarnya.

Dia juga menuturkan, kalau polisi laki-laki yang akan memeriksa, korban akan trauma. Untuk itu Polwan hadir dalam menangani kasus baik itu perempuan atau anak.

“Dalam melakukan pemeriksaan juga, Polwan lebih dulu dibekali oleh dikjur-dikjur dan pelatihan dalam menangani hal demikian,” singkatnya. (Inkri)