Ponpes, Madin & TPQ di Kabupaten Blitar, Dapat Bantuan Operasional Rp700 Juta

Ponpes, Madin & TPQ di Kabupaten Blitar, Dapat Bantuan Operasional Rp700 Juta

18/09/2020 20:16 0 By Maman

Bupati Rijanto dan Anggota Komisi VIII DPR RI Nurhadi dalam acara penyerahan bantuan operasional kepada 150 Lembaga Pendidikan Agama Islam senilai Rp700 juta. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Pondok pesantren (Ponpes), Madrasah Diniyah (Madin) dan TPQ di Kabupaten Blitar, mendapatkan bantuan operasional senilai, Rp700 juta. Bantuan yang merupakan program dari Komisi VIII DPR RI melalui Kementerian Agama ini, diserahkan Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto MM.

Jum’at (18/09/2020), di pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN) Kabupaten Blitar, Bupati mengatakan, bantuan ini untuk meringankan beban operasional ditengah pandemi Covid-19.

“Berdasarkan petunjuk teknis, besaran bantuan yang diterima setiap lembaga berbeda-beda, Ponpes sebesar Rp25 juta, sedangkan TPQ dan Madin nominalnya sama yakni, Rp10 juta,” kata Bupati.

Bupati berharap, bantuan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) mencegah Covid-19, dan memenuhi kebutuhan nutrisi santri.

Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Nurhadi mengatakan, ada 150 lembaga di Kabupaten Blitar yang menerima bantuan ini. Ponpes 35 lembaga, madrasah 58 lembaga dan TPQ 57 lembaga.

“Tahap pertama, ada 80 lembaga yang menerima, sisanya masih diproses administrasi, dan akan diberikan pada tahap kedua,” ungkap Nurhadi.

Senada dengan Bupati, Nurhadi berharap agar, bantuan itu digunakan untuk APD seperti, masker, hand sanitizer dan tempat cuci tangan.

“Semoga kasus Covid-19 di dilingkungan pendidikan agama Islam nol persen,” tutupnya. (Anang)