Pose Bareng Jokowi, Rusli Pede dengan Karawo dan Upiya Karanji

Pose Bareng Jokowi, Rusli Pede dengan Karawo dan Upiya Karanji

15/11/2019 22:15 0 By Alex

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri kabinet dan para gubernur se-Indonesia saat berpose bersama usai penyerahan DIPA 2020 di Istana Negara, Kamis (14/11/2019).

Hulondalo.id – Usai penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), Presiden Joko Widodo berpose bersama para menteri dan gubernur dari seluruh Indonesia, termasuk Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Bedanya, kala pejabat lain tampil familiar dengan setelan batik, suami Idah Syahidah itu malah tampil beda dengan setelan kemeja sulaman karawo berwarna kuning, lengkap dengan upiya karanji alias peci Gusdur khas Gorontalo. Jelas pemandangan itu tampak kontras bagi pejabat yang akrab dengan stigma batik.

Soal sulaman karawo dan upiya karanji yang dikenakan Gubernur Rusli Habibie, memang tidak usah ditanya-tanya lagi. Pasalnya, setiap kunjungan dinas ke Jakarta, baik itu ke Kementerian maupun menghadap Presiden, bukan Rusli namanya jika tidak mengenakan karawo plus upiya karanji.

Bagi dia, itu merupakan bentuk komitmen untuk mempromosikan sulaman khas daerah agar lebih dikenal luas di kancah Nasional maupun Internasional.

“Karawo dan upia karanji khas daerah. Ini sudah saya gunakan sejak tahun 2017, termasuk mewajibkan kepada pegawai saya untuk dipakai setiap hari. Khusus kain Karawo, kita gunakan setiap hari Kamis dan acara-acara resmi,” timpal Rusli.

Menurutnya, upiya karanji dan karawo harus terus digemari dan dipromosikan tidak saja skala lokal tapi juga Nasional. Selain sebagai ciri khas juga diharapkan semakin diminati oleh daerah lain.

“Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi? Saya juga bersyukur kemarin pak Gubernur Bank Indonesia (BI) saat hadir di acara ISEF 2019 menggunakan karawo. Ini menunjukkan kain karawo semakin diperhitungkan,” sambung dia.(adv/alex)