Positif Antigen, Satgas Jemput Warga Hepuhulawa Jalani Isolasi Terpusat

Positif Antigen, Satgas Jemput Warga Hepuhulawa Jalani Isolasi Terpusat

22/07/2021 20:50 0 By Maman

Tim Satgas Covid-19 Kab Gorontalo Jemput Positif

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Gorontalo saat menjmput warga yang terkonfirmasi positif tes antigen. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Gorontalo, menjemput salah seorang warga Kelurahan Hepuhulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. Warga tersebut dijemput untuk menjalani isolasi terpusat di wisma atlet Kabupaten Gorontalo.

Informasi dirangkum hulondalo.id, warga tersebut diketahui positif antigen usai menjalani tes swab antigen. Dia kemudian melakukan isolasi mandiri. Hasil swab tersebut sempat diposting di media sosial, dan beredar luas media sosial.

Mengetahui ada warga yang positif antigen, Pemerintah Kelurahan meminta untuk di lakukan isolasi terpusat. Namun, yang bersangkutan menolak. Dengan alasan, akan melakukan isolasi mandiri.

Tim Satgas kemudian mendatangi rumah warga tersebut untuk menjemputnya. Namun, tetap mendapatkan penolakan dari yang bersangkutan. Upaya komunikasi dilakukan pemerintah kelurahan dan Satgas Covid-19 kelurahan/desa terus berupaya agar yang bersangkutan mau diisolasi terpusat.

Termasuk, memberikan edukasi tentang penanganan Covid-19. Tak lama, kemudian yang bersangkutan akhirnya mau untuk diisolasi terpusat.

Lurah Hepuhulawa, Saiful Pakaya menuturkan, isolasi terpusat tersebut sebagaimana anjuran dari pemerintah.

“Ini juga untuk menjaga warga lainnya jangan sampai terpapar Covid-19, kami juga akan menyemprotkan disinfektan guna meminimalisir Covid-19 di kelurahan ini,” tandas Saiful, Kamis (22/09/2021).

Sementara itu, Ketua Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku mengatakan, isolasi yang dilakukan upaya pemerintah untuk membantu yang sakit menjadi sehat dan sehat tetap sehat.

“Intinya, pelaksanaan isolasi ini untuk melindungi keluarga dan warga sekitar agar tak terpapar Covid-19, kami juga memastikan makanan, vitamin serta kesehatan terpenuhi selama menjalani isolasi, agar dalam waktu singkat, pasien sembuh,” terang Sumanti.

“Covid-19 masih ada, perkembangannya naik turun, sehingga kesadaran masyarakat sangat penting untuk menerapkan protokol kesehatan, dalam melakukan aktivitas di ruang publik,” jelas Sumanti.

Meski yang bersangkutan telah melakukan isolasi, Sumanti mengatakan. akan melakukan tracking, guna memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Gorontalo. (Pin)