Posyandu Lansia, Dikes Provinsi Gelar Pelatihan Kesehatan Lansia Bagi Percontohan PKM

Posyandu Lansia, Dikes Provinsi Gelar Pelatihan Kesehatan Lansia Bagi Percontohan PKM

25/07/2019 16:24 0 By Maman

Misranda Nalole Plt Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo saat membuka kegiatan pelatihan kesehatan lansia untuk percontohan PKM Santun Lansia tingkat Provinsi Gorontalo, Kamis (25/7/2019).

Hulondalo.id- Pelayanan kesehatan bagi usia lanjut turut mandapat perhatian Pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan dalam mencapai Lansia yang sehat, mandiri, aktif produktif dan berdaya guna bagi keluarga dan masyarakat.

Plt. Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole mengatakan, saat ini pemerintah telah mengembangkan program kesehatan lansia, melalui pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat yakni Posyandu Lansia.

Sejumlah pelayanan kata Misranda saat membuka pelatihan kesehatan lansia untuk percontohan PKM Santun Lansia tingkat Provinsi Gorontalo, Kamis (25/7/2019), akan disediakan di posyandu tersebut.

Antara lain kata Misranda, pelayanan sosial, agama, pendidikan, ketrampilan, olah raga, seni budaya, dan pelayanan lain yang dibutuhkan oleh para lansia di Provinsi Gorontalo.

“Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup bagi lansia,” tutur Misranda.

Ditambahkan pula, ada beberapa aspek layanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Santun bagi para Lansia yakni meliputi, promotif diantaranya Penyuluhan Kesehatan Gizi, upaya peningkatan kebugaran jasmani, dan Pemeliharaan kemandirian dan produktivitas.

“Kemudian, ada juga preventif untuk deteksi dini dan pemantauan kesehatan,” ungkap Misranda.

Dirinya berharap, melalui kegiatan pelatihan kesehatan lansia, para peserta dapat menyerap materi yang diberikan oleh narasumber, untuk diterapkan pada masing-masing instansi PKM, pungkasnya. (Rinto/5)