Potensi Bibit Siklon Tropis, Pemkab Gorontalo Bentuk Tim Terpadu

Potensi Bibit Siklon Tropis, Pemkab Gorontalo Bentuk Tim Terpadu

17/04/2021 00:31 0 By Maman

Rakor Tim Terpadu Badai Siklon Tropis

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo memimpin rakor pembentukan Tim Terpadu Penanganan Bencana. (foto:kominfo)

Hulondalo.id – Pemkab Gorontalo membentuk Tim Terpadu Penanggulangan Bencana. Tim ini dibentuk dalam menghadapi potensi Bibit Siklon Tropis yang terjadi di wilayah ini.

“Menghadapi potensi bibit siklon tropis, dalam rapat koordinasi kami membentuk tim terpadu penanggulangan bencana, nantinya akan ada sekretariatnya,” ujar Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Jumat (16/04/2021).

Selain membentuk tim terpadu, Pemkab Gorontalo kata Bupati, juga membahas langkah-langkah pra pencegahan. Seperti halnya terkait pohon tumbang, saluran air serta masalah pertanian dan bantuan.

“OPD juga kita libatkan dalam penanganan bencana yakni, DLH terkait pohon tumbang, saluran air oleh Dinas PUPR dan Balai Sungai, penanaman ditangani Dinas Pertanian serta bantuan di Dinas Sosial,” beber Nelson.

“Sosialisasi juga kami lakukan tentang potensi bibit siklon ini, baik media sosial maupun media informasi lainnya,” tambah Nelson.

Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Djalaluddin Gorontalo, Ot Oral Sem Wilar, SE mengatakan, secara khusus BMKG memberikan informasi cuaca, iklim, kegempaan dan Geofisika.

Dalam pertemuan dengan Pemkab Gorontalo, antara lain membahas tentang potensi bibit siklon tropis.

“Jadi tugas kami, memberikan infomasi kepada stakeholder dalam hal ini Pemkab Gorontalo, dengan harapan setelah mendapat informasi dari BMKG,  pemda  lebih cepat tanggap, sebab, pemda lebih paham dengan kondisi daerah dan masyarakatnya,” terang Ot Oral. (Pin/Adv)