Potensi Pertanian Gorontalo Harusnya Didukung Anggaran

Potensi Pertanian Gorontalo Harusnya Didukung Anggaran

09/09/2021 13:38 0 By Maman

Rapat Komisi II Dinas Pertanian

Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo saat menggelar rapat bersama OPD terkait. (foto:inkri)

Hulondalo.id – Potensi sektor pertanian di Provinsi Gorontalo, harusnya didukung oleh anggaran. Anggota Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, Nasir Madjid mendorong agar, ada penambahan anggaran di sektor ini, melalui di Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo.

Nasir mengatakan, dalam KUA/PPAS APBD Provinsi Gorontalo, sektor pertanian menjadi wilayah potensial untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) saat pandemi Covid-19. Sektor ini juga menjadi penyerap tenaga kerja terbesar di Gorontalo.

“Menurut kami seluruh anggaran di Provinsi Gorontalo terkait pertanian masih minim, bagaimana mungkin kita mengembangkan ekonomi, jika sektor pertanian tidak menjadi prioritas, ini akan berdampak di 3-4 tahun kedepan,” ungkapnya, Rabu (8/9/2021).

Lanjut kata Nasir, saat reses, persoalan petani banyak diaspirasikan diantaranya, penyaluran bibit, kualitas bibit, juga distribusi hasil pertanian. Ini juga kata dia, disampaikan saat rapat bersama Dinas Pertanian.

Dia juga mengatakan, usulan sudah disampaikan di masing-masing Kabupaten/Kota, minimal memiliki pilot project terkait dengan kualitas beras di Gorontalo. Memang diakui Nasir, anggarannya cukup besar, Rp10 Miliar.

“Banggar sendiri saat ini fokus pada penggunaan prioritas potensial sektor ekonomi di Provinsi Gorontalo, dan pemerintah harus fokus terhadap pembahasan kita di wilayah ekonomi,” tutup Politisi Gerindra ini. (Inkri/HL)