Potensi Zakat di Gorontalo Bisa Capai Rp 200 Miliar Pertahun

Potensi Zakat di Gorontalo Bisa Capai Rp 200 Miliar Pertahun

06/07/2021 09:29 0 By Maman

Pembahasan Perda Zakat DPRD Prov Gorontalo

Pansus Perda Zakat DPRD Provinsi Gorontalo saat menggelar rapat pembahasan. (foto:inkri)

Hulondalo.id – Ketua Pansus Perda Zakat DPRD Provinsi Gorontalo, Warsito Sumawiyono mengatakan, potensi zakat di Provinsi Gorontalo bisa mencapai Rp 200 miliar pertahun. Ini bisa terwujud, jika seluruh stakeholder baik DPRD, ASN, Gubernur, BUMD, TNI/Polri, dan seluruh masyarakat membayar zakatnya.

“Zakat ini wajib disalurkan oleh seluruh umat Islam setiap tahunnya 2,5%, di Gorontalo mayoritas warga muslim, dan apabila benar-benar di optimalkan, akan mencapai Rp 200 miliar,” ungkapnya, Senin (5/7/2021).

Politisi Golkar itu menjelaskan, demi kesejahteraan rakyat Provinsi Gorontalo yang belum tersentuh dengan APBD, maka dilahirkan Perda Zakat untuk memberikan atau disalurkannya zakat ini kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

“Mulai dari kabupaten/kota sampai ke pelosok desa, akan disentuh dengan zakat melalui baznas nanti, yang belum bisa dilayani oleh pemerintah daerah,” jelas Warsito.

Dirinya menambahkan, semakin besar pendapatan, semakin besar juga orang membayar zakat. Artinya, orang tidak akan takut sampai dimana pembayarannya, karena membayar zakat kewajiban agama.

Adanya Perda zakat ini, kata Warsito, akan menata pengelolaan zakat ini oleh baznas. Salah satunya, pembayaran zakat harus ada bukti setorannya, disamakan seperti masyarakat membayar pajak. Bukti setoran itu mengurangi tidak kena pajak bagi penyetor zakat itu.

Dalam pembahasan rancangan regulasi ini juga dihadiri langsung Baznas, kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memberikan masukan-masukan dan mereview pengelolaan zakat yang berdasarkan pergub itu. (Inkri/Adv)