PPKM di Kota Gorontalo di Level 2, Walikota: 3 Kecamatan Zona Hijau

PPKM di Kota Gorontalo di Level 2, Walikota: 3 Kecamatan Zona Hijau

05/10/2021 20:47 0 By Maman

Update Data Covid-19 Kota Gorontalo Oktober 2021

Update Data Penanganan Covid-19 Kota Gorontalo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Gorontalo kini di level 2. Penurunan level ini berlaku di masa perpanjangan PPKM tanggal 5 Oktober hingga 18 Oktober 2021.

Penurunan level ini jugaberdasarkan Inmendgri No 48 tahun 2021, tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3, 2 dan 1, serta mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan, untuk pengendalian penyebaran Covid-19 diwilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kamilantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Sebelumnya seperti diketahui bahwa, PPKM di Kota Gorontalo berada pada level 3. Adanya penurunan kasus positif Covid-19 yang cukup tinggi, kemudian tingkat kesembuhan naik, serta jumlah warga yang tervaksin diatas 50% pada dosis pertama, maka diturunkan levelnya.

Terkendalinya Covid-19 di Kota Gorontalo dapat dilihat pada update Penanganan Covid-19 pertanggal 4 Oktober 2021. Data itu menampilkan pemetaan zona status kasus yaitu, 3 kecamatan berstatus zona hijau dan 6 kecamatan status zona kuning.

Data itu juga mencantumkan jumlah kasus aktif, dan pasien sembuh setiap hari. Hingga data ini diturunkan, tercatat tersisa 8 orang yang terkonfirmasi dengan tingkat kesembuhan mencapai 96, 30%.

Turunnya PPKM di level 2 ini, sinyal positif bagi warga Kota Gorontalo, bahwa pandemi berangsur terkendali. Kesadaran warga sangat dibutuhkan, untuk memutus mata rantai penuluran Covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, serta mengikuti penyuntikan vaksin sebanyak 2 dosis.

Kesadaran masyarakat sangat diperlukan, untuk mengembalikan situasi daerah menjadi normal seperti pra pandemi. Contoh dekat adalah sektor esensial pendidikan yang mulai diberikan kelonggaran. (Inkri)