PPS Pilkada 2020 di Tolitoli Dilantik, Satu Kecamatan Ditunda

PPS Pilkada 2020 di Tolitoli Dilantik, Satu Kecamatan Ditunda

23/03/2020 21:50 0 By Maman

Pelantikan PPS Pilkada 2020 di Tolitoli dilakukan Komisioner KPU Tolitoli Alisman.

Hulondalo.id – Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 9 kecamatan se Tolitoli dilantik dan diambil sumpah. Mereka siap bertugas untuk pelaksanaan Pilkada 2020. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan Komisioner KPU Tolitoli Divisi Teknis dan Hubmas, Alisman, Minggu (22/3/2020), di Kantor Camat Baolan.

Alisman mengatakan, pelantikan PPS ini sedianya akan dilaksanakan dalam satu tempat. Tetapi kata dia, KPU RI menghimbau, pelaksanaan pelantikan PPS dilaksanakan dimasing-masing kecamatan, menghindari keramaian sebagai bagian upaya pencegahan penyebaran COVID -19.

“Sehingganya, tanggal 22 Maret 2020 pelantikan atau pengambilan sumpah PPS dilaksanakan dimasing-masing kecamatan yang dilantik oleh komisioner KPU Tolitoli,” kata Alisman.

Tak cuma itu, seluruh personil PPS beserta tamu undangan sebelum masuk ruangan, terlebih dulu harus mencuci tangan serta screening atau pengukuran suhu tubuh, tanpa terkecuali untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran Covid-19.

Alisman juga mengatakan, rencana sebelumnya pelaksanaan Bimtek usai PPS dilantik, mengalami perubahan. Bimtek kata dia, ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan, mengikuti aturan tahapan yang nantinya akan diperbaiki.

Sementara itu, dari 10 Kecamatan yang ada di Tolitoli, khusus untuk PPS di Kecamatan Galang belum dilantik dan diambil sumpah. Agenda tersebut sebelumnya dijadwalkan pada pukul 14.00 Wita ditanggal yang sama.

“Ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan, karena setelah melakukan koordinasi dengan pihak keamanan dan kesehatan, belum memungkinkan untuk dilaksanakan,” ungkap Alisman.

Alisman juga menjelaskan, terkait SK KPU Nomor 9, nantinya akan ada revisi kembali tentang penetapan dan pengangkatan anggota PPS diantaranya, masa kerja PPS akan mengalami perbaikan, sampai batas waktu yang akan ditetapkan.

Kepada PPS yang telah dilantik dan diambil sumpah, Alisman meminta agar, laksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, jaga prilaku, etika moral.

“Kurangi aktivitas ditempat umum yang tak perlu, seperti nongkrong dan lainnya,” kata Alisman.

Terpenting lagi kata dia, selalu menjujung tinggi integritas dan loyalitas, juga sinergiritas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.(Andis/Adv)