Presiden Jokowi Luncurkan Program Literasi Digital Nasional, Gorontalo Jadi Kota Satelit

Presiden Jokowi Luncurkan Program Literasi Digital Nasional, Gorontalo Jadi Kota Satelit

20/05/2021 22:15 0 By Alex

Program Literasi Digital Nasional

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat menjadi pembicara utama pada peluncuran program Literasi Digital Nasional dengan tema Indonesia Makin Cakap Digital oleh Presiden Joko Widodo secara virtual di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Kamis (20/5/2021). (F. Haris)

Hulondalo.id – Presiden RI Joko Widodo meluncurkan Program Literasi Digital Nasional yang digelar secara virtual, Kamis (20/5/2021). Peluncuran program Literasi Digital Nasional secara serentak dilaksanakan di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota.

Peluncuran program Literasi Digital Nasional ini untuk mendorong semakin banyaknya talenta anak bangsa semakin cakap dalam menggunakan teknologi digital.

Pada peluncuran ini, Provinsi Gorontalo terpilih sebagai satu dari 20 Kota Satelit di Indonesia. Kota Satelit dipilih berdasarkan Survei Status Literasi Digital Indonesia tahun 2020 oleh Katadata Insight Center dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI dengan angka Indeks Literasi Digital (ILD) telah mencapai skala 3,00 hingga 4,06.

“Berdasarkan data Kemkominfo, Gorontalo telah mencapai angka ILD sebesar 3,71. Tentunya ini sangat mendukung visi bapak Presiden Joko Widodo dengan program pembangunan sumber daya manusia talenta digital,” kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat menjadi pembicara utama pada peluncuran program Literasi Digital Nasional yang mengangkat tema “Indonesia Makin Cakap Digital 2021” itu.

Dikatakan Idris pula, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan satu keniscayaan dalam rangka mempercepat transformasi digital serta mempermudah akses dan pelayanan kepada masyarakat.

Literasi digital, kata Idris, berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif sumber daya manusia agar tidak hanya terampil mengoperasikan gawai, tetapi juga meningkatkan partisipasi digital masyarakat, mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat di bidang teknologi informasi komunikasi dan digital, serta mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru.

“Sejak Tahun 2019 Pemprov Gorontalo telah melakukan transformasi digital di antaranya dengan membangun jaringan fiber optik di seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan Unit Pelaksana Teknis layanan publik seperti pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara daring, aplikasi layanan keuangan, serta interkoneksi dengan kabupaten/kota,” jelas Idris.

Usai peluncuran program tersebut, Kemkominfo bersama mitra jejaring Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggelar Kelas Cakap Digital yang akan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 20 hingga 21 Mei 2021.

Kelas Cakap Digital diadakan secara hybrid yaitu pembelajaran yang menggabungkan metode tatap muka, serta pembelajaran berbasis komputer dan daring, yang diikuti 50 orang peserta masyarakat umum di setiap kabupaten/kota.

Kelas ini menghadirkan mentor-mentor yang berkualitas dan berkompeten di bidangnya dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di daerah.

Sementara Kelas Cakap Digital di Gorontalo salah satunya menghadirkan mentor Agus Lahinta, pemilik Rumah Karawo Gorontalo.(adv/alex)