Prevalensi Gangguan Mental Emosional Umur ≥ 15 Tahun di Gorontalo 17,7%

Prevalensi Gangguan Mental Emosional Umur ≥ 15 Tahun di Gorontalo 17,7%

18/11/2019 23:18 0 By Maman

Plt Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole memberikan sambutan dalam Pelatihan Kecakapan Hidup Kesehatan Jiwa bagi Anak dan Remaja tingkat Provinsi Gorontalo, Senin (18/11/2019) di hotel Horison Nayumi Kota Gorontalo. (Rinto)

Hulondalo.id- Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 mengungkap, pravelensi gangguan mental emosional pada penduduk umur ≥ 15 Tahun di Gorontalo tercatat sebesar, 17,7%, dengan angka rata-rata nasional tingkat provinsi 9,8%.

Dalam pelatihan kecakapan hidup kesehatan jiwa bagi anak dan remaja, tingkat Provinsi Gorontalo, Senin (18/11/2019), Plt Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalaloe menjelaskan, anak dan remaja usia sekolah termasuk kelompok yang rentan memiliki masalah psikososial.

Ini kata dia, identik dengan perilaku berisiko dalam lingkungan, yang berhubungan dengan pencarian identitas, mencari solusi masalah pribadi, kemandirian, kondisi dalam rumah, lingkungan sosial, serta hak dan kewajiban yang dibebankan oleh orang tua.

“Dibutuhkan upaya peningkatan kesehatan jiwa masyarakat, pencegahan terhadap masalah kesehatan jiwa dan intervensi dini, guna mengurangi gangguan jiwa yang lebih berat di masa yang akan datang”, ungkap Misranda di hotel Horison Nayumi Kota Gorontalo.

Misranda berharap, pihak sekolah serta tenaga pendidik, memiliki peran penting dalam mencegah masalah kesehatan jiwa pada anak dan remaja usia sekolah.

“Terlebih bagi guru bimbingan konseling dan atau guru bidang kesiswaan, melalui pelayanan di Usaha Kesehatan Sekolah (UKS),” tandasnya. (Rinto/Adv)