Prihatin Kasus Pindah Makam, Gubernur Siapkan Pekuburan Umum

Prihatin Kasus Pindah Makam, Gubernur Siapkan Pekuburan Umum

13/01/2019 14:20 0 By Syakir

Gubernur Rusli Habibie menyempatkan diri berdoa di atas makam keluarga Ibu Sarco Pomalato, yang baru dipindahkan, dalam kunjungannya, Minggu (13/1/19)

Hulondalo.Id – Pembongkaran makam di Gorontalo Utara, hingga yang terakhir di Kabila, Bone Bolango, Apapun latar belakangnya, ini harusnya menjadi pelajaran. Berangkat dari situ, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pun berencana menyiapkan lahan untuk pekuburan umum.

Minggu (13/1/19) kemarin, didampingi istri Idah Syahidah, Gubernur Rusli Habibie mendatangi kediaman Sarco Pomalato, seorang ibu yang terpaksa  menggali kembali makam almarhum suami dan cucunya, di Desa Toto Selatan untuk dipindahkan, sebagai buntut dari persoalan keluarga yang belakangan konon ada kaitannya dengan pilihan politik. “Watiya mohile ambungu toli ibu (saya minta ampun untuk ibu, Bahasa Gorontalo), ”ucap Rusli saat itu.

Ketua DPD Golkar itupun meminta agar semua pihak menahan diri, dan jangan dipolitisir. Karena itu murni konflik keluarga. Disisi lain, agar persoalan seperti ini tak terulang, Rusli berencana membebaskan sebidang tanah untuk dijadikan pekuburan umum. Bahkan pemerintah akan menyiapkan mobil jenazah untuk memudahkan warga membawa jenazah yang akan dimakamkan di pekuburan umum.

“Kita sudah siapkan lahan pekuburan di Kota Barat, Sipatana, dan di Kecamatan Tapa.Tinggal kita pagar dan kita umumkan untuk masyarakat (untuk jadi pemakaman umum).Kita siapkan juga mobil jenazahnya. (Kapan itu bisa dilakukan) saya belum bisa jawab, karena yang ngurus itu lagi umroh. Pokoknya kita usahakan mengaktifkannya, ”pungkasnya. (Hl/zhak/hms)