Pro-3 Jakarta dan Dinas Pariwisata Promosikan GKK 2019 dalam Bahasa Inggris

Pro-3 Jakarta dan Dinas Pariwisata Promosikan GKK 2019 dalam Bahasa Inggris

21/08/2019 20:28 0 By Alex

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Ivonela Reane Larekeng bersama La Ode M Arif Akbar dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi
Gorontalo dan penyiar Pro-3 RRI Jakarta Daulat Pane saat rekaman promosi Gorontalo Karnaval Karawo dalam bahasa Inggris.

Hulondalo.id – Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo terus menggencarkan pelaksanaan Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2019. Kali ini, ajang tahunan yang masuk dalam Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata itu dipromosikan melalui RRI Pro-3 Jakarta menggunakan bahasa Inggris.

Hal itu menjadi sarana promosi yang efektif untuk menyasar segmen pasar wisatawan mancanegara dari berbagai belahan dunia, termasuk warga asing yang tinggal di Jakarta atau kota besar lainnya di Indonesia.

Dialog bersama Pro-3 RRI ini merupakan salah satu bentuk promosi GKK 2019 yang disiarkan dalam 2 bahasa, Indonesia dan Inggris dalam siaran Voice of Indonesia yang bisa dijangkau sampai di negara-negara Eropa, Timur Tengah dan Asia Pasifik. Dialog ini disiarkan juga melalui kanal Youtube dan jaringan internet.

Dialog dipandu oleh presenter Daulat Pane dan banyak menggali informasi seputar GKK 2019 kepada narasumber Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Ivonela Reane Larekeng.

Detail demi detail pelaksanaan GKK ini dikupas hingga pendengar radio paham. Bukan hanya itu saja, latar belakang GKK dan sulaman karawo juga dipaparkan secara apik oleh Ivonela.

“Ini adalah pengalaman yang menarik untuk mengenalkan budaya Gorontalo kepada pendengar radio kepada masyarakat Internasional,” kata Ivone, Rabu (21/8/2019).

Pada kesempatan itu pula, Ivone juga memancing masyarakat internasional untuk mengunjungi Gorontalo sebagai daerah yang memiliki pesona biodiversitas dan culture diversitas yang unik, memikat dan mempesona.

Dia mencoba memaparkan agenda Gorontalo Karnaval Karawo dalam dialog ini sebagai salah satu event dalam Top 100 Calendar of Event tahun 2019 Kementerian Pariwisata.

“Kami harus mengenalkan Gorontalo ke dunia internasional, ini nyata dan kami berharap dalam GKK banyak dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara,” ujar Ivone.

Sebelum rekaman dalam Bahasa Inggris, versi Bahasa Indonesianya juga dipaparkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili bersama La Ode M Arif Akbar dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili bersama jajaran dan Pro-3 RRI Jakarta usai rekaman untuk mempromosikan Gorontalo Karnaval Karawo dalam bahasa Inggris.

Menurutnya, GKK 2019 merupakan kali ke-9 yang dilaksanakan di Gorontalo sejak Tahun 2011 silam. Sepanjang kegiatan, penerimaan masyarakat dan wisatawan sangat baik sehingga festival ini dianggap sebagai event pariwisata yang menonjol, melibatkan masyarakat banyak dan berpengaruh signifikan kepada penjualan kerajinan sulam karawo di masyarakat.

“Kalau GKK sukses, kedatangan wisatawan ke Gorontalo akan bertambah, penjualan sulaman meningkat, juga pengeluaran wisatawan lainnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Rifli.

Perayaan GKK ini dimulai dari 2-6 Oktober 2019 dalam kegiatan Mokarawo Design Training, Mokarawo Traditional Handmade, Karawo Fashion Contest, Traditional Culinary Expo dan acara puncak Gorontalo Karnaval Karawo.(usman/4)