Produksi Pertanian Cukup Tinggi, Roni: Mestinya Kesejahteraan Petani Naik

Produksi Pertanian Cukup Tinggi, Roni: Mestinya Kesejahteraan Petani Naik

19/02/2020 21:53 0 By Maman

Wakil Ketua I DPRD Gorontalo Utara Roni Imran.

Hulondalo.id – Selama ini, tingkat produksi sektor pertanian khususnya jagung di Gorontalo Utara cukup tinggi. Bahkan, sektor ini memberi sumbangsih terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Gorontalo Utara.

Subsidi dan membantu petani dalam mendapatkan bibit jagung serta pupuk kata Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gorut Roni Imran mengatakan, diantara upaya pemerintah baik itu pusat, provinsi dan daerah kepada para petani.

Ini yang kemudian berdampak pada produksi jagung di Gorontalo Utara cukup tinggi, bagus dan sesuai harapan.

“Produksi naik, saya kira harapan pemerintah itu tercapai,” ungkap Roni, Rabu (19/2/2020).

Kerja keras petani kata dia, bisa mendongkrak naiknya produksi yang juga memberi sumbangsih pada PDRB, juga mendorong kenaikan trend ekonomi.

“Tetapi petani kita miskin, inikan persoalan, mestinya ekonomi kita naik kesejahteraan petani juga naik,” kata aleg yang biasa disapa Haji Roni itu.

Pemerintah baiknya, tidak hanya memperhatikan dibagian hulunya saja. Tetapi juga di hilir. Dalam artian, pasca panen jagung juga harus disentuh oleh pemerintah. Seperti membangun tempat pengeringan jagung, bak-bak jemuran yang cukup.

Fasilitas bak jemuran ini dibutuhkan, agar kadar air di jagung rendah, dan harganya tinggi. Kadar air yang masih tinggi, tentu berpengaruh terhadap harga jual jagung.

Semua persoalan ini kata Roni, belum bisa teratasi, seperti pada manajemen penanaman. Apalagi kata Roni, kalau permodalan petani masih sangat kurang dan masih berharap pada penyumbang.

Dia meminta agar petani dapat memanfaatkan potensi yang ada, yang telah disediakan pemerintah melalui perbankan.

“Sekarang ada dana KUR yang diluncurkan, mestinya ini dimanfaatkan, ada Rp. 1 Triliun yang diberikan untuk pembiayaan petani,” tandasnya. (Prin/Adv)