Program Padat Karya, Langkah Efektif Pulihkan Ekonomi Ditengah Pandemi

Program Padat Karya, Langkah Efektif Pulihkan Ekonomi Ditengah Pandemi

29/04/2021 20:45 0 By Maman

Rapat TPID Kota Gorontalo

Walikota Gorontalo, Marten Taha memimpin rapat TPID Kota Gorontalo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Walikota Gorontalo, Marten Taha mengatakan, program padat karya bisa menjadi langkah efektif, memulihkan ekonomi masyarakat ditengah guncangan pandemi covid-19.

Dia percaya, lewat program yang manfaatnya langsung dirasakan masyarakat itu, dapat membantu membuka lapangan pekerjaan baru, serta mampu menggerakkan ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk.

“Caranya, kita genjot pelaksanaan pembangunan, agar anggarannya cepat dibelanjakan. Sasaran kita adalah masyarakat berprofesi sebagai tukang, mereka diberdayakan dengan program padat karya,” ujar Walikota dalam rapat TPID di aula Kantor Walikota Gorontalo, Kamis (29/4/2021).

Sejak pandemi masuk di Kota Gorontalo, banyak masyakat berprofesi sebagai pekerja informal, kehilangan pekerjaan. Walikota Marten, mengeluarkan kebijakan yang dapat menstimulus ekonomi warga, dengan memprioritaskan pekerjaan bersifat padat karya.

Langkah yang ditempuh Walikota ini, jawaban atas harapan Presiden RI, Joko Widodo pada rapat koordinasi nasional bersama para kepada daerah, dan Forkopimda se- Indonesia secara virtual, Rabu (28/4/2021).

Ada 2 poin penting yang ditekankan Presiden kata Walikota. Pertama, daerah diminta untuk fokus memerangi pandemi Covid-19. Kedua, setiap kepala daerah juga harus memikirkan percepatan pemulihan ekonomi didaerah.

“Pak Presiden meminta, penanganan Covid-19 terus dilakukan serius, kuncinya adalah menanamkan kesadaran masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan setiap melakukan aktivitas,” ucap Walikota.

Kejadian di India kata Walikora, menjadi pembelajaran berharga bagi semua daerah. Lonjakan kasus Covid-19 di negara tersebut terjadi karena, warga mulai abai menerapkan protokol kesehatan secara tertib.

Masih dalam penanganan Covid-19 kata Walikota, penegasan tentang percepatan program vaksinasi juga menjadi perhatian Presiden RI. Tahun ini, Presiden kata Walikota, menargetkan 70 juta warga disuntik vaksin. Dan para kepala daerah, diminta agar membantu tercapainya target tersebut.

“Berkaitan dengan masalah ekonomi, pak Jokowi juga meminta para kepala daerah dapat membuka peluang investasi didaerah, serta menyegerakan belanja pembangunan daerah,” kata Walikota. (Inkri/Adv)