Program Pendampingan UT Diyakini Bisa Mendorong Desa Lebih Maju

Program Pendampingan UT Diyakini Bisa Mendorong Desa Lebih Maju

19/04/2021 22:44 0 By Syakir

Pertemuan perwakilan Universitas Terbuka Gorontalo dengan Kepala Dinas PM-Pemdes Gorontalo Utara, Abdul Wahab Paudi, beberapa waktu lalu.

Hulondalo.id – Program pendampingan desa yang akan dilakukan Universitas Terbuka Gorontalo, diyakini bisa berdampak besar bagi pengembangan desa itu sendiri. Seperti diutarakan Kepala Dinas PM-Pemdes Gorontalo Utara, Abdul Wahab Paudi.

Olehnya dalam kunjungan perwakilan UT beberapa waktu lalu kata Wahab, dirinya meminta pihak UT untuk melakukan pemetaan, dan menentukan desa mana yang cocok untuk dilakukan kegiatan pendampingan.

Wahab sendiri mengakui, pendampingan dari UT sangat membantu desa untuk lebih berkembang. Karena setiap program yang dilahirkan oleh pemerintah desa nanti, baik itu terkait pemberdayaan masyarakat, pengembangan potensi wisata hingga peningkatan ekonomi, tentu dilakukan berdasarkan hasil riset.

“Misalnya pengembangan potensi wisata, tentu membutuhkan riset atau penelitian, juga master plan dan lain sebagainya, ilmu yang dibutuhkan seperti itu yang belum ada di desa,” ungkap Wahab di ruang kerjanya, Senin (19/4/2021).

Diakuinya, kerjasama antara pemerintah dengan Universitas Terbuka bukan lagi barang baru. Apalagi dalam kunjungan belum lama ini, UT menawarkan membuka program studi untuk peningkatan kualitas aparat pemerintah termasuk aparat pemerintah desa.

“Memang memungkinkan karena universitas terbuka itu salah satu Universitas Negeri yang kualitasnya benar-benar diakui,” tambahnya.

Terakhir, Wahab memberikan apresiasi terhadap terobosan UT Gorontalo khususnya, terkait pendampingan desa sebagai bagian dari tridharma perguruan tinggi.

“Semoga kerja sama ini akan membuahkan hasil yang tentu kita bisa ukur dari keberhasilan pembangunan yang ada di desa itu sendiri,” tandasnya. (Prin)