Program SPEKMA, Mahasiswa Diberi Wadah dalam Meneliti & Menulis

Program SPEKMA, Mahasiswa Diberi Wadah dalam Meneliti & Menulis

22/06/2021 19:23 0 By Maman

Program SPEKMA

UPT. Pusat Kreativitas Mahasiswa (PKM), Z.C Fachrussyah, S.St.Pi, M.Si, memaparkan program SPEKMA untuk mahasiswa. (foto:hms)

Hulondalo.id – Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, berupaya memberi wadah bagi kemampuan, minat serta bakat mahasiswa dalam meneliti dan menulis. Salah satunya dengan meluncurkan program Skim Penelitian Khusus Mahasiswa (SPEKMA) tahun 2021.

UPT. Pusat Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Z.C Fachrussyah, S.St.Pi, M.Si, mengatakan, SPEKMA merupakan program unggulan yang diluncurkan pada tahun 2021, sebagai upaya memfasilitasi mahasiswa dalam berprestasi melalui karya kegiatan penelitian.

“Ini khusus mahasiswa program Sarjana dan Diploma, melalui program SPEKMA, diharapkan dapat melatih dan mengasah kemampuan berpikir ilmiah yang dapat dituangkan dalam karya hasil penelitian,” ungkapnya.

Untuk berpartisipasi dalam program SPEKMA, kelompok mahasiswa diwajibkan menyiapkan proposal dengan bidang kajian penelitian, disesuaikan dengan bidang ilmu dari Ketua Tim Peneliti.

“Nantinya, kelompok yang lolos akan memperoleh pendanaan penelitian sebesar Rp 5 juta sampai Rp 10 juta, nilainya akan ditentukan oleh reviewer proposal mahasiswa sesuai dengan riset yang ditawarkan,” jelasnya.

Panduan dalam penyusunan proposal SPEKMA memiliki kesamaan dengan panduan dalam penyusunan PKM Penelitian, yang dilaksanakan oleh Kemdikbud. Sehingga mahasiswa yang tidak lulus dalam program PKM Penelitian, bisa kembali memasukan proposal ke SPEKMA dengan melakukan beberapa penyesuaian isi proposal.

“Ada 67 proposal yang tidak lolos pendanaan PKM hibah Kemdikbud dan mereka bisa ikut berpartisipasi dalam program SPEKMA ini. Panduan proposal SPEKMA 90 persen mirip dengan panduan PKM Penelitian,” jelasnya. (Inkri/Adv)