Propemperda 2021 Tambah 2 Ranperda, Syamsu: Upaya Hasilkan Perda Berkualitas

Propemperda 2021 Tambah 2 Ranperda, Syamsu: Upaya Hasilkan Perda Berkualitas

24/02/2021 21:42 0 By Jeffry

Aleg DPRD Bonebol Syamsu Botutihe

Hulondalo.id – Program pembentukan peraturan daerah (propemperda) Kabupaten Bonebol 2021 bakal dirubah. Ini menyusul setelah adanya usulan dua ranperda tambahan yang dibahas bersama Bapemperda, pihak pemerintah daerah maupun Kemenkumham belum lama ini.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Bonebol Syamsu Botutihe mengatakan penambahan ranperda tersebut merupakan upaya untuk memberikan yang terbaik dalam menghasilkan produk peraturan daerah yang berkualitas, relevan dan mempunyai azas manfaat yang besar dalam mendorong kemajuan daerah.

“Iya, ada ketambahan 2 ranperda lagi yakni ranperda pengelolaan keuangan daerah dan ranperda penyelenggaraan hari anak yatim dan kaum Duafa,” kata Syamsu Botutihe.

Alasannya kata dia, karena melihat betapa urgennya dua hal itu memiliki payung hukumnya. Misalnya untuk ranperda penyelenggaraan anak yatim, dengan adanya perda ini diharapkan akan membentuk sebuah gerakan dan semua orang bisa terlibat di dalam kegiatan itu.

“Nah,kalau masif pelaksanaannya maka dampaknya ke penurunan angka kemiskinan karean terkait kaum dhuafa, dan ini akan menjadi gerakan bersama,” ujarnya.

Sementara, urgennya ranperda keuangan daerah ini merupakan tindaklanjut atas aturan Permendagri 77 tahun 2020 tentang teknis pengelolaan keuangan.

sebelumnya, 9 ranperda usulan legislatif dan eksekutif bakal menjadi prioritas dan dirampungkan di tahun ini. Namun, setelah dibahas dan dilakukan kajian ada penambahan 2 ranperda dan 3 ranperda yang terindikasi pernah dibahas sebelumnya. Yakni ranperda RTH, ranperda soal CSR dan ranperda perlindungan nelayan.

“Namun ini belum ada kepastian. Karena belum pasti maka kami pun minta kabag hukum untuk menginvetarisir ulang, setelah ada laporan akan ada pembatalan bersamaan dengan paripurna perubahan,” imbuhnya.(Jeff/Adv)